Sukses

Pilek Lama Yang Mengganggu

17 Jul 2021, 19:03 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, saya mau tanya dari kemarin saya pilek sudah mau 2 mgg pilek saya tak kujung sembuh kalau tidur suka keganggu tersumbat gitu hidungku

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Pilek dan hidung tersumbat dapat disebabkan oleh berbagai macam hal yang mengiritasi atau menyebabkan peradangan di dalam hidung. Infeksi (common cold/selesma atau sinusitis), alergi dan iritan (asap rokok), dapat menyebabkan hidung tersumbat. Kelainan anatomi seperti septum deviasi maupun adanya polip hidung juga dapat menyebabkan hidung tersumbat terus menerus. Sebagian orang mengalami hidung tersumbat kronik tanpa ada sebab yang jelas.

Pada kasus Anda, hidung tersumbat kemungkinan akibat alergi atau kelainan anatomi di dalam hidung. Oleh karena itu, kami menyarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter THT untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Ada kemungkinan akan dilakukan nasoendoskopi (pemeriksaan hidung menggunakan kamera) untuk melihat dengan jelas penyebab sumbatannya.

Untuk saat ini, Anda bisa rutin melakukan cuci hidung dan menghirup uap panas untuk membantu mengurangi keluhan hidung tersumbat.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. 

 

0 Komentar

Belum ada komentar