Sukses

Penurunan Saturasi Oksigen pada Lansia

15 Jul 2021, 11:05 WIB
Wanita, 40 tahun.

Mertua saya sedang terkonfirmasi positif covid 19 dengan CT 25,89 saat ini sedang mengalami penurunan saturasi oksigen hingga angka 70 (sehingga kami berikan terapi oksigen dan bisa mendongkrak angka saturasinya sampai 80 - 82 max),, kondisi lemah, usia 84 tahun, tidak nafsu makan (katanya tidak bisa menelan) boleh dibantu bagaimana langkah yang harus dilakukan ya dok ?

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. Tentunya saturasi oksigen yang menurun merupakan tanda kegagalan dalam sistem pernapasan sehingga perlu tatalaksana dalam sistem pernapasan lebih lanjut seperti memberikan oksigen. Apabila dengan  nasal kanul dan sungkup tidak lagi mencapai saturasi oksigen target (di atas 95%) maka diperlukan tindakan lanjutan yaitu intubasi, yaitu memasukkan selang endotrakeal ke saluran napas yang disambungkan dengan menggunakan ventilator. Sayangnya di masa pandemi seperti ini tindakan tersebut hanya dapat dilakukan di ruang isolasi, pada kondisi mertua anda kemungkinan juga membutuhkan ICU isolasi yang memiliki ventilator. Saran kami segera dibawa ke RS untuk mencari pertolongan, meskipun saya mengerti kondisi rumah sakit saat ini semua penuh.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui PlayStore/ Android: https://www.klikdokter.com/download dan untuk App Store  https://app.adjust.com/n01yug7 kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar