Sukses

Kulit Gatal dan Berair, Apa Penyebabnya?

15 Jul 2021, 11:04 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok, badan saya gatal-gatal semua terus berair dan kadang menyebabkan luka karena saya garuk terus. Terimakasih sebelum gatal-gatal saya makan mie instan, udang tumis okra, telur, sosis bakar

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Berbagai faktor dapat menyebabkan munculnya keluhan gatal pada kulit. Misalnya saja infeksi, alergi, iritasi, dsb. Agar dapat diketahui sebabnya, saya sarankan memeriksakan diri ke dokter. Dengan demikian pengobatan yang disarankan pun tepat sasaran.

Sebagai pertolongan pertama, anda sebaiknya tidak menggaruk area yang gatal, karena akan menyebabkan keluhan gatal bertambah. Anda juga dapat menggunakan krim Calamine atau menthol untuk meredakan keluhan gatal. Namun krim tsb tidak dapat menyembuhkan penyebab dari keluhan gatalnya. Jika kulit tampak kering, maka memberikan pelembab juga bisa membantu mengurang gatal.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui PlayStore/ Android: https://www.klikdokter.com/download dan untuk App Store  https://app.adjust.com/n01yug7 kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

1 Komentar