Sukses

Penyebab Nyeri perut

15 Jul 2021, 15:26 WIB
Pria, 55 tahun.

Dok ibu saya udh 3 hari ini sakit perutnya kayak ada yg nusuk nusuk sampe ga tidur nangis terus sepanjang malam ini, mau nangis saya dok rasanya liat ibu saya begitu, itu sakit apa dok tolong jelaskan sakit nya serta makanan yg harus dimakan dan jelaskan gimana cara menangani sakit tersebut.

Terima kasih telah bertanya seputar penyebab nyeri perut melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Sakit perut merupakan salah satu keluhan yang umum dirasakan sebagian besar orang. Ini merupakan rasa ketidaknyamanan di perut di mana ada bermacam-macam gejala yang bisa saja menyertainya. Keluhan sakit perutbisa disebabkan karena gangguan organ di dalam perut, maupun bukan di perut.

Ada berbagai penyebab sakit perut, antara lain adalah:

  • Gangguan pada saluran pencernaan, seperti batu empedu, iritasi lambung, peradangan pancreas, sumbatan di usus, radang usus buntu, dan sebagainya.
  • Keracunan makanan
  • Gangguan di saluran kencing, seperti batu ginjal, infeksi ginjal, atau infeksi kandung kemih
  • Alergi makanan
  • Gangguan di organ kandungan, misalnya infeksi rahim, keguguran, kehamilan ektopik
  • Dan sebagainya

Untuk menentukan diagnosis sakit perut, pada tahap awal, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. Setelah itu, pemeriksaan tambahan dapat dilakukan sesuai dugaan penyebab sakit perutnya.

Pada sakit perut akibat gangguan pencernaan, pemeriksaan feses, USG, atau endoskopi dapat dilakukan. Bila diduga gangguan saluran kencing penyebabnya, pemeriksaan urin rutin di laboratorium, USG perut, atau foto rontgen di daerah perut juga perlu dilakukan.

Pada gangguan di organ kandungan, pemeriksaan apus cairan vagina di bawah mikroskop dan USG kandungan umumnya dibutuhkan.

Segera konsultasikan keadaan ibu anda dengan dokter agar diperiksa secara langsung.

Berikut kami sertakan artikel lain sebagai bahan lain bacaan Anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

1 Komentar