Sukses

Makan Cokelat yang Kadaluarsa

15 Jul 2021, 11:03 WIB
Wanita, 16 tahun.

Assalamualaikum Dok kan tadi ga sengaja saya makan coklat yang udah kadaluarsa dan lumayan banyak juga yang saya makan dan beberapa menit kemudian badan saya langsung lemes perut sakit sama kepala pusing banget saya takut+kepikiran mati terus ūüė≠ apakah kalo saya minum Paracetamol boleh karna dirumah udah ga ada obat¬≤an lagi saya bingung dari tadi ketakutan terus takut matiūüė≠

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. sebenarnya tidak perlu khawatir, gejala memang dapat muncul tetapi jarang menimbulkan kejadian fatal.

Faktanya, tanggal kedaluwarsa pada beberapa jenis makanan tidak selalu menjadi batas konsumsi. Best before yang menunjukkan batas suatu produk masih terjamin kualitasnya. Kualitas dan kandungan nutrisinya akan turun melewati tanggal tersebut, namun belum tentu membahayakan kesehatan selama kemasan masih utuh.

Expired date digunakan untuk produk yang menyebabkan resiko kesehatan secara langsung ketika sudah melewati tanggal yang tercantum. Biasanya dicantumkan pada produk-produk yang mudah rusak dalam penyimpanan jangka panjang misalnya daging dan beberapa jenis keju.Kami tidak merekomendasikan untuk menyimpan makanan apalagi mengonkonsumsi makanan yang sudah lewat tanggal kedaluwarsa. Makanan atau minuman kedaluwarsa memiliki potensi untuk dimasuki bakteri apabila sudah lewat masa kedaluwarsa.

Pada kasus Anda, Anda sudah terlanjur mengkonsumsi makanan kedaluwarsa. Perlu diperhatikan lagi yang tercantum dalam kemasan Anda best before atau expired date? Jika best before, maka makanan biasanya masih dapat dikonsumsi sekalipun batas sudah lewat. Namun waktu setiap makanan berbeda-beda. makanan kaleng biasanya memiliki jarak waktu yang lebih lama setelah best before (bisa sampai beberapa bulan), sedangkan roti hanya boleh dikonsumsi maksimal 2 hari setelah melewati tanggal best before.

Jika ada gejala mual, muntah, diare, nyeri perut sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Jika tidak ada gejala maka Anda tidak perlu terlalu khawatir, namun lain kali sebaiknya lebih diperhatikan lagi mengenai tanggal batas konsumsi yang tercantum dalam kemasan sebelum dikonsumsi.

 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui PlayStore/ Android: https://www.klikdokter.com/download dan untuk App Store  https://app.adjust.com/n01yug7 kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar