Sukses

Anak batuk bunyi

14 Jul 2021, 10:08 WIB
Wanita, 24 tahun.

Siang dok Dok sy mau tnya,anak sy usianya skrng 15 bln Tgl 15 april anak sy trkna batuk smpe bunyi mngik & grok² smpat sya priksakan ke klinik trdekat,,stlh itu msih ttp batuk tp tdk intens hmpir tiap hari batuk tp hnya jm² trtntu,trs 1 bulannya stlh lebaran batuk yg mngik & bunyi grok² kmbuh lagi smpe di uap di bidan,,dan smpe skrang batuk tp tdk intens juga,,awlnya sya rasa krna suhu dingin,,tp krna hari ini batuk dr pgi smpe siang sya mulai hawatir lg,,,kmungkinan itu knp ya dok? Sya smpat minta rujukan dr puskesmas,,tp krna saat itu batuknya lg tdk intens dan tdk ada bunyi mngik,,doktr yg jaga tdk prcya,,doktr bilang klo bunyi mngik hnya bisa di dngar oleh alat dokter,,smntra ketika kambuh batuk suara itu trdngar jelas

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Batuk yang anak Anda alami termasuk di dalam batuk kronis bila batuk terjadi lebih dari 3 bulan. Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

  • Alergi (dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak)
  • Asma
  • Infeksi : Tuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma, infkesi sinus
  • Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)
  • GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) : Penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung. 
  • Penggunaan obat tertentu (ACE inhibitor) 
  • Post Nasal Drip (ada cairan di belakang hidung)
  • Common Cold : Disertai pilek dan gejala flu lainnya, diakibatkan oleh infeksi virus dan daya tahan tubuh menurun

Apakah terdapat riwayat asma atau alergi dalam keluarga? Apakah imunisasi dasar anak Anda lengkap? Apakah anak Anda sudah pernah matoux test? Adakah disekitar lingkungan anak Anda yang mengalami batuk-batuk lama? Kami menyarankan Anda untuk menemui dokter spesialis anak agar anak Anda dapat diperiksa lebih lanjut untuk mengetahui penyebab batuknya disertai pengobatan yang optimal.

Baca juga

Memilih Obat Batuk yang Tepat untuk Anak 

Balita Sering Batuk, Itu Tanda Pneumonia atau Batuk Biasa?

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar