Sukses

SIklus Menstruasi 40 Hari, Normalkah?

13 Jul 2021, 20:55 WIB
Wanita, 26 tahun.

dok normal tidak siklus haid 40 hari? sebab saya haid tgl 25 april sama tgl 3 juni dan usia saya 26 tahun

Terima kasih telah menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda adalah siklus haid 40 hari. 

Siklus menstruasi yang normal berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Keadaan Anda saat ini adalah oligomenorea. Oligomenorea adalah suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari. Siklus menstruasi yang tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

pada 3-5 tahun pertama setelah menstruasi pertamaperempuan dengan gangguan makan (seperti anoreksia nervosa, bulimia)perempuan dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30stres psikologisatlitkekurangan vitamin Kpenggunaan obat-obatan tertentukelainan pembekuan darahgangguan hormon tiroid, dsbSelain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ reproduksi. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.

Saat menstruasi memang normal terjadi perut kembung dan kram perut. Kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengevaluasi berbagai kemungkinan penyebabnya agar dapat dilakukan tatalaksana secara optimal. Perlu dilakukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan USG atau pemeriksaan hormon untuk mengetahui masalah yang Anda alami. Setelah mengetahui penyebabnya maka dapat ditentukan segera penanganannya.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu. 

0 Komentar

Belum ada komentar