Sukses

PCR masih positif

14 Jul 2021, 10:08 WIB
Pria, 31 tahun.

saya terkena covid per tanggal 15 Juni 2021, kemudian pcr 18 Juni positif dengan CT 21, kemudian tanggal 2 Juli 2021 PCR kembali masih positif dengan CT 19. gejala yang masih ada yaitu batuk-batuk saja. saya sedang pesan obat : Fluimusil 200mg 15 tab Moprin 500 mg 10 tab untuk menangani batuk saya, apakah itu sudah tepat? apakah saya butuh rontgen paru?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Bapak

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Pemeriksaan RT-PCR berfungsi untuk mendeteksi materi genetik virus. Namun, pemeriksaan ini tidak dapat membedakan antara virus yang masih hidup dengan yang sudah mati. Dengan begitu, terdapat kemungkinan hasil RT-PCR masih positif meski Anda sudah sembuh, karena yang terdeteksi adalah "bangkai" virus yang tersisa.

Proses penghancuran sisa virus oleh tubuh dapat memakan waktu yang panjang, hingga lebih dari 80 hari. Maka itu, hasil RT-PCR bisa saja masih positif hingga 3 bulan setelah Anda terinfeksi atau bahkan dinyatakan sembuh.

Dengan berkembangnya pedoman dan ilmu mengenai COVID-19, kriteria untuk dinyatakan sembuh dan tidak lagi menularkan penyakit COVID-19 juga berkembang. Hasil pemeriksaan penunjang seperti RT-PCR ataupun tes lainnya harus selalu dikonsultasikan ke dokter dan disesuaikan dengan kondisi klinis pasien.

Untuk pengobataan tepat atau tidaknya perlu wawancara medis mendetail mengenai kondisi Anda. Bila Anda dalam kategori gejala ringan, tidak dilakukan rontgen paru juga tidak masalah.

Baca juga

Hasil PCR Positif Terus, Apa Pasti Masih Kena COVID-19? 

Mengenal Arti CT dalam Test PCR Swab

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Bapak dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar