Sukses

Tifus kambuh?

10 Jul 2021, 20:14 WIB
Pria, 25 tahun.

selamat siang dok , saya mau bertanya . sudah 6 hari ini saya demam . demam naik turun , biasanya demam naik pada tengah malam . saya juga merasa pusing , nyeri dan lemas . Tahun lalu saya sempat sakit tifus , apa mungkin sakit tifus saya kambuh lagi dok ? Terimakasih

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdr

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Dari gejala yang Anda utarakan masih dapat mengarah ke penyakit selain demam tifoid. Untuk memastikan sebaiknya lakukan pemeriksaan langsung ke dokter terdekat.

Demam tifoid merupakan penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri Salmonella typhii. Gejalanya bisa berupa demam, sakit kepala, nyeri sendi, sakit tenggorokan, sembelit, penurunan nafsu makan dan nyeri perut. Kadang penderita merasakan nyeri ketika berkemih dan terjadi batuk serta perdarahan dari hidung. Gejala penyakit demam tifoid dapat berlangsung antara 10-14 hari.

Setelah demam tifoid sembuh, maka yang terjadi bukanlah kekambuhan, melainkan infeksi ulang atau infeksi baru dari kuman yang menyebabkan demam tifoid (tipus). Infeksi ulangan ini dapat disebabkan oleh pengobatan yang tidak tuntas atau tifoid yang tidak diobati sebelumya.

Prinsipnya, demam tifoid dapat sembuh asal diobati hingga tuntas. Selalu ikuti dosis obat antibiotik yang diberikan dan minumlah secara teratur. Selain itu, perhatikan apa yang dimakan, pastikan makanan tersebut bersih. Kuman tifoid banyak terdapat di dalam makanan-makanan yang kurang higienis. 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdr dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar