Sukses

Anhedonia

09 Jul 2021, 16:17 WIB
Wanita, 20 tahun.

Halo, Dok. Saya sering merasa sulit untuk bahagia. Terkadang saya tidak bisa mengekspresikan emosi saya. Saya merasa hidup saya hampa dan tidak bermakna. Saya bahkan terkadang pura-pura bahagia di hadapan keluarga saya. Saya merasa saya tidak bersemangat. Apa yang dulu saya sukai, sepertinya sekarang saya sudah tidak menyukainya. Yah, meskipun saya terkadang saya menyukainya, saya tidak bisa menikmatinya seperti dulu lagi. Apa saya menderita anhedonia?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Anhedonia merupakan salah satu gejala pada penyakit depresi, skizofrenia dan gangguan psikiatri lainnya. Anhedonia ialah hilangnya ketertarikan atau rasa senang dalam melakukan aktivitas yang dulunya disenangi atau membuat bahagia.

Penanganannya tentu berdasarkan penyakit yang mendasarinya. Semisal disebabkan oleh depresi maka dengan menangani penyakit depresi diharapkan gejala anhedonia pun akan berkurang ataumenghilang. Oleh sebab itu, kami sarankan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis psikiatri.

Baca juga

Kenali Anhedonia, Penyebab Hilangnya Rasa Senang dan Semangat 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar