Sukses

Gastroenteritis

12 Jul 2021, 13:55 WIB
Wanita, 300 tahun.

Anak saya muntah-muntah dan buang air besar air,ada demam dan tidak mau makan

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kegelisahan yang Anda alami. Kami menduga yang Anda alami adalah diare akut yang disebabkan oleh mengkonsumsi makanan/minuman yang tidak sehat.

Diare adalah peningkatan jumlah ( tiga kali atau lebih) atau penurunan konsistensi dari tinja (menjadi lunak atau cair) dalam waktu 24 jam.Diare dapat dibagi menjadi akut (kurang dari 14 hari) dan persisten (lebih dari 14 hari) dan kronik (lebih dari 1 bulan).

Gejala dan tandanya meliputi: Konsistensi  feses menurun (cair) dengan/ tanpa darah, suhu badan mungkin meningkat (demam), nyeri perut, sakit kepala, nafsu makan tidak ada/ berkurang, lemah, mual, muntah, mialgia (nyeri otot), cengeng, gelisah.

Diare dan muntah menunjukkan adanya inflamasi pada saluran cerna baik oleh infeksi (virus, atau bakteri) maupun iritasi makanan yang merangsang (terlalu pedas, terlalu asam, dll). Jadi merupakan hal yang wajar jika Anda diare setelah mengkonsumsi makanan yang sudah lama disimpan, yang kemungkinan sudah basi atau mengandung virus/ bakteri penyebab penyakit.

Umumnya diare disebabkan oleh infeksi virus jadi akan membaik sendiri. Yang perlu diperhatikan adalah menjaga agar asupan cairan (minum) dalam jumlah cukup agar mencegah dehidrasi. Pilihan obat yang dapat dikonsumsi salah satunya attapulgite (untuk menghentikan diare). Namun sebaiknya mengatasi diare dengan menghindari pencetusnya, dalam hal ini pada kasus Anda adalah makanan/minuman yang tidak segar atau lama tersimpan. Jika diare berlangsung lebih dari 1 minggu, kunjungilah dokter terdekat untuk mendapatkan tatalaksana lebih lanjut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar