Sukses

Mengembalikan Indera Penciuman yang Anosmia

12 Jul 2021, 09:57 WIB
Wanita, 19 tahun.

dok saya mau tanya, ibu saya itu pertama sakit meriang, batuk kadang panas dan kadang enggak selama 4 hari. dan 2 hari sekarang udah gak meriang dan gak panas tapi indra penciumannya hilang dan masih batuk tapi masih bisa merasakan rasa makanan. Cara mengatasi/mengobatinya gimana ya dok agar bisa mengembalikan indra penciumannya?

alo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Tidak adanya kemampuan untuk mencium dan mendeteksi bau disebut juga anosmia. Hal ini dapat bersifat sementara maupun permanen. Beberapa penyebab yang mungkin berhubungan adalah alergi, infeksi, massa dalam rongga hidung (polip hidung), serta kerusakan pada saraf.

Untuk mengatasinya, perlu diketahui terlebih dahulu penyebab anosmia yang Anda alami. Misalnya, penyebab anosmia tersebut karena ada polip. Jadi, untuk mengembalikannya, polip yang ada di dalam hidung harus diangkat. 

Lalu, anosmia bisa juga terjadi pada pasien covid. Untuk anosmia karena covid, tidak ada pengobatan khusus untuk mengatasinya. Indra penciuman dan perasa Anda akan kembali seperti semula seiring dengan meningkatnya sistem daya tahan tubuh Anda. Untuk membantu proses penyembuhan, Anda bisa melakukan latihan penciuman dengan mencium segala macam wewangian yang berbau tajam, misalnya minyak kayu putih. Lalu, Anda harus mengingat bau minyak kayu putih. Ini berguna untuk melatih saraf penciuman agar berfungsi kembali.

Untuk dapat lebih memastikan cara mengatasi keluhan tersebut, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter THT agar dapat dilakukan evaluasi langsung.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu. 

0 Komentar

Belum ada komentar