Sukses

Merasa sendiri, lelah, gampang nangis

09 Jul 2021, 16:17 WIB
Wanita, 14 tahun.

Dok kenapa saya selalu merasa sendiri,merasa lelah, bukan lelah fisik,tapi ya merasa lelah,selalu ngerasa kek apasi gw capek banget pengen pergi,terus tiba² bisa tremor kalo dengar kabar yang buat deg²an, kadang pas lagi ngelamun langsung pusing,terus gampang nangis tapi ya nangis sendiri gatau juga gara² apa,bukan anak broken home,tapi diumur 12 pernah jadi korban pelecehan,dari situ saya sudah mulai ga fokus untuk ngelakuin hal apapun,sampe ranking kelas saya yang biasanya 1 td turun jadi 7,mulai bisa tremor tiba²,gapunya semangat lagi buat ngelakuin apapun,perubahan mood saya juga cepat banget berubah,mohon saran atau sepengatahuan dokter saya kenapa;)

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Jika dari gejala yang anda utarakan, sepertinya kemungkinan besar keluhan Anda mengarah ke depresi.

Dalam menangani stres atau persoalan yang dihadapi, manusia harus berupaya mencari ke dalam diri apa yang menjadi penyebab timbulnya masalah. Menemukan inti persoalan yang menjadi penyebab stres dan mengupayakan penyelesaiannya adalah kunci penanganan stres dalam diri. Jika tidak dapat mengatasinya sendiri, inilah saatnya untuk berkonsultasi lebh lanjut dengan ahli jiwa atau psikiater.

Selanjutnya mengenai depresi, depresi adalah gangguan jiwa yang yang ditandai dengan suasana hati yang merosot/labil pada diri seseorang. Depresi bisa saja terjadi pada siapa pun, yang umumnya memiliki tekanan yang berat dalam hidupnya entah karena tekanan pekerjaan,tekanan ekonomi, atau tekanan lain.

Ada dua macam depresi, yaitu depresi ringan dan berat (menetap). Depresi ringan datang dan pergi dengan sendirinya, ditandai dengan hati yang berat, sedih, dan murung. Depresi berat dicirikan oleh perasaan tidak berguna atau bersalah serta sering disertai gejala fisik seperti turun berat badan, sakit kepala, hingga tidak enak badan. Penderita depresi berat cenderung untuk menarik diri, tidak peduli pada lingkungan sekitar, serta aktivitas fisik yang terbatas. 

Untuk mengidentifikasi depresi maupun permasalahan kejiwaan lainnya, sebaiknya dilakukan setelah konsultasi langsung dengan dokter psikiatri agar dapat diketahui inti permasalahan dan keluhan lengkap yang dialami Anda.

Sementara itu, cobalah untuk menceritakan masalah Anda kepada keluarga. Katakan sejujurnya tentang perasaan Anda bagaimana. Bantuan atau dukungan keluarga sangat berarti dalam menghadapi segala masalah yang sedang Anda hadapi. Apabila sulit untuk mencari jalan keluar, gunakan penengah misalnya psikolog atau sahabat/keluarga lainnya. Usahakan pula untuk selalu berpikir positif agar dapat meminimalisir stres.

Baca juga

Cara Membangkitkan Semangat Saat Anda Mengalami Depresi 

Ini Tanda dan Gejala Depresi yang Harus Anda Waspadai

Dampak Depresi Bisa Picu Bunuh Diri, Kapan Harus Periksa ke Psikolog?

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar