Sukses

Demam Sore Hari

08 Jul 2021, 15:37 WIB
Wanita, 25 tahun.

selamat pagi dok, saya mau bertanya. sejak hari minggu saya demam, batuk kering, dada sakit kalau batuk, mulut pait, pusing, kaki terasa pegal kalau malam hari, dan tadi pagi muntah. demam cenderung muncul ketika sore sampai tengah malam. saya sudah minum paracetamol, panadol, vitamin. setelah minum paracetamol demam turun tapi kemudian juga naik lagi. sebelum sakit saya memang tidak makan selama 2 hari kemudian pertama makan mie instan pedas, saya juga ada riwayat tipes. apakah hal itu memengaruhi sakit saya ini ya dok? jadi saya juga sakit apa? Terimakasih dok.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Berdasarkan keluhan Anda, demam yang terjadi dari sore/malam hari, kemungkinan disebabkan karena demam tifoid. 

Demam tifoid atau secara awam disebut penyakit tipus merupakan penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri Salmonella typhii yang ditularkan lewat makanan. Gejalanya bisa berupa demam, sakit kepala, nyeri sendi, sakit tenggorokan, sembelit, penurunan nafsu makan dan nyeri perut. Gejala khas dari penyakit ini adalah demam yang dimulai sore/malam hari.

Untuk penanganan di rumah, Anda dapat mengonsumsi obat penurun panas (paracetamol) terlebih dahulu. Jangan lupa untuk makan makanan bernutrisi, konsumsi makanan yang lunak dulu, banyak minum air, dan istirahat yang cukup.

Untuk memastikan diagnosis, kami sarankan Anda ke dokter agar diperiksa secara langsung dan mungkin membutuhkan pemeriksaan darah untuk evaluasi. Jika benar demam tifoid, dokter akan memberikan antibiotik sebagai pengobatannya.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu. 

0 Komentar

Belum ada komentar