Sukses

Anak Diare 1 Bulan, Apa Penyebabnya?

05 Jul 2021, 07:48 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok. Anak saya laki2 usia 18 bulan. Sudah +/- 1 bulan diare. Diperiksa di puskes dan dr. Anak. Keduanya memeberikan obat zinc, oralit dan obat racikan. Lalu anak sy juga tes feses lengkap: warna hijau kekuningan. Konsistensi lunak. Eritrosit 2-3 1-2/LPB. Leikosit 0-2 0-1/LPB. Ph feses : presumtif asam. Darah samar positif. Selain itu negatif. Nah bagaimana kondisi anak saya dok? Apakah anak saya mengalami infeksi?dia tidak ada keluhan selain diare. Dr. Anak menyarankan dia diet rendah serat. Makanan apa yg sebaiknya dia konsumsi? Selain pisang dan apel buah apa yg boleh dikonsumsi? Terimakasih dok

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. perlu ditanyakan apakah BAB cair? berapa kali dalam sehari? Seberapa banyak sekali BAB yang keluar, apakah hingga 1 pampers penuh atau hanya sedikit2 saja? Sejak kapan menggunakan susu formula? Apakah baru pertama kali menggunakan susu formula? Selain BAB cair ada gejala lain apa, seperti demam, rewel, pipis berkurang, mata cekung, perut kembung?

Diare merupakan penyakit yang ditandai dengan bertambahnya frekuensi BAB >3 kali/hari disertai perubahan konsistensi tinja (menjadi cair/lembek), dengan/tanpa darah dan/atau lendir. Biasanya dengan adanya lendir itu sudah ada infeksi dari parasit (disentri).

Ada banyak yang dapat menyebabkan mencret pada anak. Beberapa penyebabnya adalah infeksi virus dan bakteri (kuman). Namun pada anak-anak yang paling sering menyebabkan diare adalah infeksi virus, seperti rotavirus. Alergi susu sapi, intoleransi laktosa, masalah imun yang rendah juga mungkin menjadi penyebab diare yang tidak kunjung henti.

saran saya adalah untuk konultasikan kembali ke dokter anak anda atau mencari opini lain ke dokter anak lain karena tanpa kami memeriksa dan tahu keadaan langsung anak anda, kami tidak bisa menentukan penyebabnya secara pasti. Makanan seperti biasa (menu lengkap seperti makanan orangtua) tetap disarankan, buah dan sayur pada anak hanya sebagai pelengkap dan tidak disarankan hanya makan buah sehari-harinya. jangan lupa tetap penuhi kebutuhan cairan anak anda.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui PlayStore/ Android: https://www.klikdokter.com/download dan untuk App Store  https://app.adjust.com/n01yug7 kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar