Sukses

Sering Batuk Kering dan Sesak Napas

03 Jul 2021, 10:16 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok, kenapa saya sering sesek nafas? Dan batuk kering? Kadang saat nafas sering sesak di bagian kiri belakang di kanan juga sering dok sesak nafas

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sebelumnya izinkan saya bertanya, sejak kapan Anda merasa sesak napas dan batuk kering? Apakah Anda pernah kontak dengan penderita covid-19? Apakah Anda memiliki riwayat alergi, asma, atau maag?

Batuk dan sesak dapat disebabkan karena berbagai macam penyakit, diantaranya seperti yang anda sebutkan di atas, yaitu bronkitis, pneumonia, PPOK, TBC, asma, atau covid-19 yang sedang menjadi pandemi ini.

Bila napas Anda berbunyi ngik-ngik, bisa jadi Anda merupakan salah satu penderita asma. Bunyi berasal dari penyempitan saluran pernapas yang biasanya disertai juga dengan gejala sesak napas. Dugaan akan semakin menguat apabila terdapat riwayat asma dan/atau alergi pada penderita atau keluarganya.

Kami sarankan Anda untuk melakukan swab antigen atau PCR terlebih dahulu. Jika hasilnya negatif, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter secara langsung agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar