Sukses

Kontak dengan Penderita Covid-19

03 Jul 2021, 09:46 WIB
Pria, 38 tahun.

Saya mau Tanya, hari ini saya ada kntak dengan orang yang ternyata positif covid, tetapi besok saya mau vaksin Apakah saya harus tes swab dahulu , tunda vaksin , atau tetap di vaksin saja Sampai malam ini saya tidak merasakan gejala covid apa2 terima aksih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Pak,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 atau corona virus. Virus ini adalah jenis virus baru dari kelompok virus yang menginfeksi saluran napas. Covid-19 ini dapat menular melalui droplet atau partikel kecil yang keluar dari mulut saat berbicara, bersin, dll. 

Jika Anda melakukan kontak erat dengan penderita covid-19, langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah melakukan isolasi mandiri dirumah minimal 10 hari dan menunda terlebih dahulu jadwal vaksin tersebut. Sebaiknya Anda tidak langsung melakukan pemeriksaan swab, karena bisa saja terjadi hasil negatif palsu, karena jumlah virus belum cukup banyak untuk dideteksi alat. 

Jika dalam melakukan isolasi mandiri mulai muncul gejala, segera lakukan swab. Jika tidak ada gejala, Anda bisa swab PCR 3-5 hari setelah kontak terakhir. Jika hasilnya negatif, tetap lanjutkan isoman sampai hari ke 7.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar