Sukses

Hasil PCR Masih Positif Setelah 1 Bulan

26 Jun 2021, 16:51 WIB
Pria, 47 tahun.

saya sudah hampir satu bulan di nyatakan positif covid dan sudah melalui masa isolasi mandiri dan sekarang saya sudah merasa tidak ada gejala apapun di hari ke 15 saya tes VCR dan ternyata hasilnya masih positif...apakah saya belum sembu dari covid sementara saya sudah merasa sehat...mohon penjelasanya.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Pemeriksaan RT-PCR berfungsi untuk mendeteksi materi genetik virus. Namun, pemeriksaan ini tidak dapat membedakan antara virus yang masih hidup dengan yang sudah mati. Dengan begitu, terdapat kemungkinan hasil RT-PCR masih positif meski Anda sudah sembuh, karena yang terdeteksi adalah "bangkai" virus yang tersisa.

Proses penghancuran sisa virus oleh tubuh dapat memakan waktu yang panjang, hingga lebih dari 80 hari. Maka itu, hasil RT-PCR bisa saja masih positif hingga 3 bulan setelah Anda terinfeksi atau bahkan dinyatakan sembuh.

Dengan berkembangnya pedoman dan ilmu mengenai COVID-19, kriteria untuk dinyatakan sembuh dan tidak lagi menularkan penyakit COVID-19 juga berkembang. Hasil pemeriksaan penunjang seperti RT-PCR ataupun tes lainnya harus selalu dikonsultasikan ke dokter dan disesuaikan dengan kondisi klinis pasien.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu. 

0 Komentar

Belum ada komentar