Sukses

Anak Mengeluh Nyeri Pada Zakarnya

25 Jun 2021, 21:51 WIB
Wanita, 32 tahun.

saya mau bertanya anak saya usianya 3 tahun mengeuhkan sakit pada zakarnya. apakah penyebabny adalah diapers?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Pak, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan rasa nyeri pada buah zakar, dengan penyebab tersering adalah peradangan. Keadaan ini juga dapat disertai pembengkakan testis, nyeri otot, demam, mual, sakit kepala, dan biasanya terjadi setelah seseorang terkena gondongan (nyeri dan pembengkakan kelenjar liur di sekitar telinga depan) akibat infeksi virus mumps. Virus inilah yang kemudian menjadi penyebab terbanyak nyeri testis (terutama hanya sebelah testis).

Apabila nyerinya benar disebabkan oleh virus gondongan ini, maka keluhan umumnya akan sembuh secara spontan dalam 3-10 hari. Namun jika terjadi infeksi bakteri harus diterapi dengan antibiotik. Untuk mengurangi nyerinya sementara, Anda dapat meletakkan handuk di antara dua kaki Anda saat beristirahat untuk mengelevasi buah zakar, dan melakukan kompres es 10-15 menit 4x/hari hingga nyeri berkurang.

Jika anak mengeluh nyerinya semakin bertambah, ada bengkak, atau demam, kami sarankan untuk memeriksa anak langsung ke dokter anak untuk dievaluasi lebih lanjut.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu. 

0 Komentar

Belum ada komentar