Sukses

Seputar Gangguan Mood

15 Jun 2021, 16:10 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat siang.. perkenalkan saya Khaira, salam kenal dok Dok..mungkin saya akan sedikit bercerita, Belakangan saya merasa ada yang aneh dengan pribadi saya, mood saya yang berubah dalam kurun waktu beberapa jam, terkadang bahagia, terkadang melamun, terkadang tidak peduli dengan sekitar saya, emosi saya yang cepat terpancing, saya juga cenderung sering sedih secara tiba tiba bahkan sampai menangis, kadang menangis tanpa sebab, jam tidur saya juga tidak teratur, saya cenderung tidur larut malam dan saat ketika tidur sulit untuk bangun seperti membutuhkan waktu tidur yang cukup panjang(tidak pada jam tidur normal), saya juga suka cemas secara tiba tiba, gelisah seperti ada yg menggail pada diri saya, terkadang saat saya merasa gelisah saya selalu jalan mondar mandir tanpa arah. apa yg saya alami ini termasuk gangguan mental dok? kalau memang iya, bagaimana solusinya dok? mohon dibantu untuk dijawanb ya dok, terutama untuk rasa kesedihan sampai menangis dan rasa cemas akan diri sendiri bagaimana cara mengatasinya Atau ada obat yang bisa saya minum, sebagai obat penenang?

Terimakasih atas pertanyaan Anda melalui Klikdokter.com 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mood adalah kondisi perasaan yang terus ada yang mewarnai kehidupan psikologis kita. Perasaan sedih atau depresi bukanlah hal yang abnormal dalam konteks peristiwa penuh tekanan. Namun orang dengan gangguan mood (mood disorder) mengalami gangguan mood yang luar biasa parah atau berlangsung lama dan mengganggu kemampuan mereka untuk berfungsi dalam memenuhi tanggung jawab secara normal.

Gangguan mood mencakup berbagai gangguan emosi yang membuat seseorang tidak dapat berfungsi- mulai dari kesedihan pada depresi hingga eufaria tidak realistis dan iritabilitas pada mania. Gejalanya pun bisa beragam, bisa salah satunya seperti yang Anda alami. 

Gangguan mood sendiri masih diklasifikasikan menjadi berbagai diagnosis (berdasarkan DSM IV) misalnya: gangguan bipolar, depresi, disritmik, dsb. Untuk menentukan diagnosisnya dibutuhkan wawancara serta pemeriksaan lebih lanjut. Wajar atau tidaknya, tentu bergantung dari derajat keparahan gangguan tersebut, tipe gangguannya, dll.

Untuk mencegahnya tentu cobalah untuk menjaga mood Anda. Memang terdengar sulit, namun cobalah untuk menjaga mood Anda tetap baik dan menyenangkan dengan melakukan hal-hal yang Anda senangi dan menghindari pikiran-pikiran negatif pada diri Anda. Kami juga menganjurkan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis psikiatri untuk penanganan lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat 

0 Komentar

Belum ada komentar