Sukses

Apakah stres mempengaruhi Kesehatan?

15 Jun 2021, 07:11 WIB
Wanita, 20 tahun.

Assalamualaikum, selamat malam dok. akhir² ini saya sedang banyak pikiran, terutama saya takut kepada satu situasi/orang yg akhirnya menjadi beban pikiran saya, sampai selalu terbawa ke mimpi dok, pikiran saya itu ngaruh ke kesehatan gak dok? Soalnya saya rasa akhir² ini saya sering merasa lebih mudah lelah, susah tidur, gelisah, lebih emosional, kepala pusing kadang sampai mual. Knp ya dok?

walaikumsalam. Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. tentu saja apabila anda stres akan mempengaruhi dan mengganggu kesehatan anda karena ada hubungannya dengan hormon stres yang dapat meningkatan tekanan darah, denyut nadi, asam lambung, produksi kolesterol, gula darah, dan sebagainya sehingga tentu berpengaruh. 

Sejak kapan keluhan dirasakan? Apakah keluhan tersebut muncul saat Anda sedang stres/sibuk saja? Stres dan kondisi psikis seseorang dapat sangat mempengaruhi status kesehatan. Gangguan psikosomatis merupakan gangguan atau keluhan-keluhan yang dirasakan berhubungan dengan kondisi psikis, misalnya bila seseorang mengalami tekanan mental (stres) maka keluhan-keluhan dapat muncul termasuk rasa sesak, cemas, berdebar-debar, peningkatan asam lambung, sakit kepala, sakit perut dan sebagainya. Cobalah untuk membuat tubuh dan pikiran Anda lebih rileks. Lakukan kegiatan-kegiatan positif  dan produktif seperti bersosialisasi, olahraga, menulis, dan sebagainya untuk mengindari perasaan stres/terlalul lelah yang Anda rasakan.

Jika Anda keluhan dirasakan sangat mengganggu, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam subspesialisasi psikosomatis untuk mencari tahu diagnosis dan terapi yang lebih tepat. Wawancara medis yang mendetil dan dilakukan secara langsung selalu lebih baik. Mungkin juga perlu dilakukan evaluasi oleh dokter spesialis psikiatri untuk konseling jika ternyata juga terdapat kecenderungan gangguan cemas.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui PlayStore/ Android: https://www.klikdokter.com/download dan untuk App Store  https://app.adjust.com/n01yug7 kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar