Sukses

Haid Lebih Sering

10 Jun 2021, 14:00 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok saya mau tanya seputaran haid, saya haid kemarin tgl 13 mei dan haid lagi tgl 23 mei kemudian haid lagi tgl 7 juni ini apa kah itu normal dok

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Kalau dihitung siklus haidnya termasuk yang tidak normal ya. Karena, normalnya siklus haid itu berkisar 21-35 hari. Kami menduga Anda saat ini mengalami polimenorea. Polimenorea adalah suatu gangguan pada siklus menstruasi wanita, dimana siklus menstruasi kurang dari 21 hari.

Polimenorea dapat terjadi akibat adanya ketidakseimbangan sistem hormonal pada aksis hipotalamus-hipofisis-ovarium. Ketidak seimbangan hormon tersebut dapat mengakibatkan gangguan pada proses ovulasi (pelepasan sel telur) atau memendeknya waktu yang dibutuhkan untuk berlangsungnya suatu siklus menstruasi normal sehingga didapatkan menstruasi yang lebih sering. Gangguan keseimbangan hormon dapat terjadi pada :

-Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama

-Beberapa tahun menjelang menopause

-Gangguan indung telur

-Stress dan depresi 

-Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

-Penurunan berat badan berlebihan

-Obesitas

-Olahraga berlebihan, misal atlit

-Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti  antikoagulan, aspirin, NSAID, dll

-dan sebagainya

Kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Dokter akan melakukan wawancara menyeluruh dan pemeriksaan lengkap untuk mengetahui penyebab dari keluhan Anda.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu. 

0 Komentar

Belum ada komentar