Sukses

Anak 5 Tahun Belum Bisa Bicara

10 Jun 2021, 13:22 WIB
Pria, 28 tahun.

malam dok saya memiliki anak umur hampir 5 tahun tapi belum juga kunjung berbicara dok sementara adik nya baru dua tahun sudah lincah ngomong nya apa anak saya yang pertama terkena autis dok naudzubillah bila tidak kena autis bagaimana cara mengatasi nya dok karna jika kami panggil atau pun larang dia mendengar

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Gangguan bicara dan bahasa adalah salah satu penyebab gangguan perkembangan yang paling sering ditemukan pada anak. Penyebab keterlambatan bicara sangat luas dan banyak, Gangguan tersebut ada yang ringan sampai yang berat, mulai dari yang bisa membaik hingga yang sulit untuk membaik.

Terdapat 3 penyebab keterlambatan bicara terbanyak diantaranya adalah retardasi mental, gangguan pendengaran dan keterlambatan maturasi. Keterlambatan maturasi ini sering juga disebut keterlambatan bicara fungsional. Gangguan ini sering dialami oleh laki-laki dan sering tedapat riwayat keterlambatan bicara pada keluarga. Biasanya hal ini merupakan keterlambatan bicara yang ringan dan kemungkinan sembuhnya baik.

Saran kami, sebaiknya Anda membawa anak Anda ke dokter anak bagian tumbuh kembang untuk dievaluasi lebih lanjut terkait keterlambatan bicaranya tersebut.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu. 

0 Komentar

Belum ada komentar