Sukses

Penyebab Jantung Berdebar

31 May 2021, 21:38 WIB
Wanita, 17 tahun.

Saya akhir akhir ini tidak bisa tidur, denyut jantung sangat cepat, terasa lebih keras, dan sangat tidak nyaman. Jika seperti ini bagaimana cara mengatasi nya ya dok, saat sebelum tidur saya selalu memikirkan banyak hal dan selalu merasa khawatir kepada banyak hal kecil. Jam tidur saya setiap hari hanya 4-5 jam, padahal mata sudah merah dan capek ingin istirahat, tetapi saat dipejamkan malah tidak bisa tidur, akibatnya sangat berpegaruh pada tubuh, menjadi cepat lelah dan sering sakit. Apa yang harus saya lakukan untuk kembali normal dok ? apakah harus mengkonsumsi obat ? semoga bisa dijawab, terima kasih

Terima kasih telah bertanya dengan menggunakan e-konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com

Sudah berapa lama Anda mengalami keluhan ini? Kapan saja keluhan Anda muncul, apakah hanya saat menjelang tidur atau sepanjang hari? Saat berdebar apakah ada keluhan lain seperti banyak berkeringat, merasa panik/khawatir/takut/stres? Bagaimana dengan aktivitas Anda? Bagaimana dengan kebiasaan makan Anda? Apakah Anda merokok?

Jantung berdebar memang dapat merupakan pertanda adanya masalah pada jantung. Namun selain itu, jantung berdebar juga dapat disebabkan oleh hal lain:

  1. Adanya serangan panik, rasa khawatir, takut, stres.
  2. Latihan fisik yang terlalu berat.
  3. Konsumsi kafein (kopi), nikotin (rokok), alkohol, obat flu.
  4. Suatu kondisi tertentu seperti Penyakit tiroid, kadar gula darah yang rendah, kurang darah (anemia), tekanan darah rendah, demam atau dehidrasi (kekurangan cairan)
  5. Perubahan hormon seperti selama menstruasi, kehamilan.
  6. Penggunaan obat-oabatan tertentu seperti Obat-obat pelangsing, asma, Suplemen herbal dan nutrisi tertentu.
  7. Kadar elektrolit dalam darah yang tidak seimbang/normal.
  8. Makanan tinggi karbohidrat, tinggi gula, tinggi lemak, tinggi  garam dan tinggi MSG. 

Jika keluhan Anda telah terjadi dalam waktu yang lama, rutin dan mengganggu, kami sarankan Anda untuk mengunjungi dokter. Dokter akan melakukan wawancara meis yang mendetil dan pemeriksaan lengkap seperti pemeriksaan denyut nadi dan pemeriksaan bunyi jantung. Namun, apabila hasil rekam jantung Anda menunjukkan hasil normal, mungkin Anda perlu memperhatikan penyebab-penyebab di atas sebagai beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan keluhan Anda.

 Dari cerita yang disampaikan, dimana merasa khawatir dan terlalu overthinking pada suatu hal, kemungkinan besar mengarah pada gangguan kecemasan. Gangguan ini dapat berdampak ke pola tidur seseorang. Bila gangguan tidur yang dialami akibat gangguan cemas atau panik, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan: 

  • Cobalah untuk menarik napas dalam dan perlahan-lahan saat serangan
  • Ingatkan diri Anda bahwa Anda tidak sedang dalam keadaan bahaya
  • Cobalah untuk membiasakan diri menghadapi hal-hal yang menjadi sumber ketakutan Anda, hingga Anda dapat mengontrol perasaan takut tersebut
  • Carilah hobi yang mampu membuat Anda melupakan kecemasan

Apabila Anda tidak bisa tidur atau dalam kata lain gangguan tidur ini berkelanjutan dan telah lebih dari 2 bulan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter psikiater untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar