Sukses

Anak BAB cair

30 May 2021, 15:24 WIB
Wanita, 0 tahun.

Anak saya BAB cair apa penyebab dan Solusinya apa????

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Bapak

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Diare pada anak dapat disebabkan oleh berbagai hal. Bisa karena intoleransi susu, atau infeksi virus. Bagiamana persiapan susu formula anak Anda? Apakah botol susu dicuci bersih, dibilas air panas? Jangan biarkan tempat susu formula dan botol susu di sembarang tempat. Diare anak biasanya paling sering disebabkan karena rotavirus yang mengeluarkan toxin sehingga menyebabkan diare. Diare terjadi juga sebagai salah satu mekanisme untuk pengeluaran toxin tersebut dari saluran pencernaan (usus). Dan diare ini akan membaik dengan sendirinya.

Yang perlu diperhatikan selama diare dan muntah-muntah terjadi adalah menjaga agar tidak terjadinya kekurangan cairan dan elektrolit (dehidrasi). Bila anak masih dapat minum maka dapat diberikan cairan elektrolit (oralit), jika anak sudah lemas dan tidak dapat minum maka perlu dilakukan penambahan cairan dan elektrolit melalui infus.

Saat ini Anda tidak perlu khawatir, perhatikan saja bagaimana kebutuhan cairan dan elektrolit anak Bapak terpenuhi dan tanyakan, laporkan serta diskusikan dengan dokter anak Anda mengenai perkembangan kondisi anak Anda.

Baca juga

Yuk, Kenali Pertolongan Pertama pada Anak Diare

Jangan Bingung, Ini Langkah Pertama Mengatasi Anak Diare

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Bapak dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar