Sukses

Sesak Napas, Lelah, dan Mual

30 May 2021, 09:09 WIB
Pria, 29 tahun.

Saya mengalami sesak napas, badan kelelahan dan mual

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sesak napas dapat disebabkan oleh gangguan dalam sistem pernapasan (hidung, tenggorokan paru-paru) atau gangguan yang berasal dari luar paru-paru (jantung).

Penyebab kegawat daruratan karena sesak napas dapat berupa :

- Asma : umumnya disertai batuk, bunyi mengi

- Infeksi paru (pneumonia) : batuk, panas, sesak napas

- Alergi (pembengkakan pada tenggorok yang menyebabkan terjadinya sumbatan) : riwayat makan makanan yang menyebabkan alergi (seafood, kacang, telur, dll)

- Sakit jantung (disertai nyeri dada)

- Trauma dada (kecelakaan yang mengenai dada) : riwayat benturan keras di daerah dada, sesak napas, nyeri dada, ada kerusakan pada dada (patah tulang), perdarahan

Apakah Anda sering telat makan? Apakah Anda ada keluhan terasa panas pada dada? mual atau muntah? rasa seperti terbakar pada daerah leher? apakah Anda memiliki kebiasaan berbaring atau tidur setelah makan? Apakah Anda menderita maag?

Salah satu penyebab yang mungkin berpengaruh terhadap kondisi Anda saat ini adalah dyspepsia/maag atau GERD (gastro esophageal reflux disease) yaitu suatu keadaan yang muncul oleh karena terjadi peningkatan asam lambung yang terkadang gejala mirip dengan sakit jantung.

Untuk dapat mengetahui lebih pasti, kami sarankan Anda memeriksakan langsung ke dokter agar dapat dievaluasi sesak yang Anda rasakan. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu. 

0 Komentar

Belum ada komentar