Sukses

Tak Sengaja Menelan Biji Kurma

28 May 2021, 23:58 WIB
Wanita, 28 tahun.

Anak saya 1,5th gk sengaja nelan biji kurma. Apakah ini berbahaya? Pasalnya stelah itu sdikit anget badannya.

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter

Pada umumnya semua bahan makanan yang masuk melewati mulut akan dicerna oleh sistem pencernaan. Dan untuk bahan makanan yang keras atau sulit dicerna dapat dikeluarkan melalui feses dan bisa saja keluar dalam keadaan utuh. Untuk itu, Anda tidak perlu terlalu khawatir mengenai kondisi ini.

Berapa suhu anak Anda?

Demam pada anak disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah kekurangan cairan (dehidrasi), kurang istirahat atau metabolisme tubuh menjadi meningkat, dan infeksi. Pada anak karena sistem kekebalan tubuh yang masih berkembang, seringkali terkena infeksi dan mengalami demam. Infeksi sendiri dapat disebabkan oleh berbagai mikroorganisme seperti viral, bacterial, dan lainnya.

Mengatasi demam dapat dengan cara :

  • istirahatkan anak
  • berikan anak minum yg banyak
  • kompres dahi, leher, dada, ketiak anak dengan air hangat untuk menurunkan demam
  • pakaikan anak baju yang tipis
  • berikan obat penurun demam (parasetamol) 6x/hari sesuai dosis untuk membantu menurunkan demam (apabila suhu > 37,5 derajat C)

Yang perlu diwaspadai apabila terjadi demam pada anak adalah kemungkinan timbulnya kejang. Kejang Demam dapat terjadi pada mereka yang memiliki genetik atau keturunan kejang ketika kecil dan suhu demam yang terlampau tinggi. Hal ini dapat dicegah dengan hal-hal yang kami sebutkan di atas. Apabila dengan cara diatas demam anak anda masih berlangsung (dalam 2-3 hari), berkonsultasilah ke dokter. Jika demam sudah terjadi lebih dari 3 hari maka perlu ditelusuri lebih lanjut penyebabnya.

Demikian yang bisa kami sampaikan

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar