Sukses

Telinga Berdengung Hingga Mual dan Sakit Kepala

24 May 2021, 21:44 WIB
Wanita, 23 tahun.

selamt siang, cok mau tanya mengapa telinga saya berdengung sejak pagi hari saat bangun tidur hingga saat ini masih merasakan berdengung, dan membuat saya jadi maul dan sakit kepala

Terima kasih telah bertanya dengan menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Tinitus sendiri berarti suara berdenging atau berdengung, atau jenis suara lain yang berasal dari kepala atau telinga tanpa keterlibatan sumber eksternal. Adanya rasa pusing mungkin saja dapat disebabkan karena adanya keterlibatan saraf di daerah yang berkaitan.

Biasanya tinitus terjadi secara bersamaan dengan keluhan lain meski dapat juga berdiri sendiri. Keluhan tersebut yang paling lazim diantaranya:

1.    Sakit kepala, leher, dan punggung

2.    Pusing atau vertigo, atau migrain

3.    Sakit telinga

4.    Gangguan pendengaran

5.    Gangguan penglihatan

6.    Rasa sakit pada sinus

7.    Bunyi pada sendi rahang

Tinitus bukanlah penyakit namun gejala dan sebaiknya segera dicari penyebabnya. Menurut American Academy of Otolarryngology, tinitus disebabkan oleh kerusakan dari ujung saraf pendengaran di telinga dalam. Kerusakan tersebut dapat disebabkan karena usia tua. Apabila masih muda seperti Anda, tinitus umumnya disebabkan karena pajanan suara keras. Penyebab lain dari tinitus adalah obat (aspirin, NSAIDs, diuretik), alergi, tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah, tumor, trauma terhadap kepala atau telinga, dan infeksi.

Tidak ada obat khusus untuk tinitus, yang paling penting adalah menghilangkan pencetus atau menyembuhkan penyebab. Yang dapat kami sarankan untuk Anda adalah menghindari pajanan suara keras, hindari pencetus tinitus seperti kopi, teh, cola, rokok, dan garam. Berolahragalah untuk memperbaiki sirkulasi dan jangan terlalu memikirkan mengenai tinitus yang terjadi, belajarlah untuk mengabaikannya atau mengalihkannya ke hal lain (mendengarkan musik ketika mau tidur misalnya). untuk saat ini, Anda bisa mengkonsumsi obat sakit kepala seperti parasetamol, asam mefenamat atau ibuprofen. Untuk mengurangi mual, cobalah konsumsi obat antasid. Apabila masih belum ada perbaikan, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT terdekat

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar