Sukses

Penyebab Nyeri Lutut Di Usia Lanjut

24 May 2021, 21:44 WIB
Pria, 62 tahun.

Istri saya sering mengalami lutut nyeri; terutama pada waktu bangun tidur pagi hari. Bagaimana mengatasinya? Beberapa suplemen sudah dicobakan; hasilnya tidak maksimal artinya nyeri tetap berlansung. Bila minum obat dari dokter, efek samping banyak terutama telinga berdengung. Info; ukuran tubuh sama; berat badan 65 kg, gol darah O, tensi normal.

Terima kasih telah bertanya seputar Nyeri Lutut melalui fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Nyeri pada daerah lutut dapat berasal dari lutut itu sendiri atau dari tempat lain (seperti pinggang, pergelangan kaki atau punggung bagian bawah) karena adanya persarafan yang saling berhubungan. Struktur dari lutut terdiri dari tulang, tulang rawang, tendon, ligamen dan bursa. Kelainan atau gangguan pada struktur tersebut dapat menimbulkan nyeri. Penyebab nyeri lutut yang paling sering antara lain infeksi, peradangan (rheumatoid arthitis, osteoarthitis, dll), atau cedera.

Kami tidak dapat mengetahui penyebab pasti keluhan yang Anda rasakan karena keterbatasan untuk melakukan pemeriksaan langsung, namun kami menduga keluhan pada lutut seusia Anda tersebut disebabkan oleh osteoartritis. Osteoarthritis adalah kondisi di mana sendi terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi.

Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara osteoarthritis dengan reaksi alergi , infeksi dan invasi fungi/mikosis (jamur) . Riset lain juga menunjukkan adanya faktor keturunan (genetika). Beberapa faktor risiko terjadinya osteoartritis adalah sebagai berikut:

  • Wanita
  • Kelebihan berat badan
  • Aktifitas fisik yang berlebihan, seperti para olahragawan dan pekerja kasar
  • Menderita kelemahan otot paha
  • Pernah mengalami patah tulang disekitar sendi yang tidak mendapatkan perawatan yang tepat
  • Keluhan biasanya disebabkan cedera akibat keseleo, bekerja terlalu berat, terjatuh atau melakukan olahraga berat.

Tatalaksana terhadap OA secara umum dapat dibedakan menjadi tatalaksanan non bedah dan bedah. Tatalaksana non bedah berupa obat-obatan, perubahan pola diet, fisioterapi, serta modifikasi aktivitas.

Terapi obat-obatan berupa antinflamasi non steroid merupakan penatalaksanaan utama pada OA. Pengobatan ini selain membantu menghilangkan gejala nyeri juga dapat mencegah perburukan yang dapat terjadi. Selain obat-obatan, Anda dapat mencoba mengkompres lutut dengan kompres dingin, meminimalisir gerakan lutut, dan mengangkat kaki ke posisi yang lebih tinggi. Tetapi tentunya tindakan ini hanya dapat memberikan perbaikan secara sementara. Untuk mengobati keluhan orang tua Anda sebaiknya dicari lebih lanjut penyebab nyeri lutut tersebut.

Untuk memastikan penyebab nyeri pada lutut, perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung terhadap lutut Anda dan perlu dilakukan beberapa jenis pemeriksaan penunjang agar dapat diketahui dengan pasti sumber penyebab timbulnya nyeri lutut. Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda melakukan konsultasi langsung ke Dokter Spesialis Bedah Orthopaedi untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang sesuai, seperti pemeriksaan foto polos lutut, pemeriksaan darah rutin, pemeriksaan faktor rhoumatoid, atau bahkan dilakukan analisa cairan sendi.

Demikian penjelasan yang dapat diberikan. Semoga bermanfaat.

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar