Sukses

Perut Membesar dan Mengeras

17 May 2021, 09:23 WIB
Pria, 21 tahun.

selamat malam dokter, saya mau bertanya tentang kondisi ibu saya yang sedang ia alami saat ini, dalam beberapa hari ini perut ibu saya membesar dan terasa keras, makanannya keseharian adalah buah-buahan, sedikit nasi dan sayuran, jarang makan daging dan menghindari minuman mengandung gula atau caffein, setiap hari juga olahraga treadmill selama ~30 menit untuk riwayat penyakit, waktu 2018 ibu saya pernah menderita kanker payudara dan kemudian dioperasi dan hasilnya sukses sampai. sekarang tidak ada gejala aneh yang harus mengunjungi dokter. Apakah ada penyebabnya, solusi dan apakah perlu berkonsultasi langsung dengan dokter? Terima kasih, selamat malam/

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai perut membesar dan keras melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Adapun penyebab dari pembesaran perut dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi, antara lain sebagai berikut (bila penyebab yang berasal dari rahim dan indung telur disingkirkan):

1.Pembesaran dinding perut akibat lemak2.Pembesaran perut akibat rongga tubuh terisi oleh cairan (asites)3.Pembesaran organ akibat tumor (tumor organ usus, lambung, ginjal, dll)

Adakah keluhan berat badan menurun pada Mama Anda? Adakah riwayat kelainan penyakit kuning dan penyakit ginjal? Apakah kaki juga bengkak? Mengingat berbagai macam penyebab dapat menyebabkan timbulnya keluhan yang dialami Mama Anda, maka tidak cukup hanya lewat pertanyaan di forum ini. Kami sarankan agar Mama Anda memeriksakan diri secara langsung agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik menyeluruh dan penyebab-penyebab diatas dapat disingkirkan. Bisa kembali ke dokter yang sebelumnya merawat Mama Anda saat mengalami kanker payudara. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai perut membesar dan keras. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar