Sukses

Kulit seperti dimasuki caching

16 May 2021, 21:15 WIB
Wanita, 23 tahun.

dokter, jadi gini pas bangun tidur telapak tangan saya tiba2 rasanya kayak cenut cenut, kayak ada yang nusuk2 didalam kulitnya tapi gak sakit si, cuma kayak kedutan gitu, pas saya liat kayak ada garis kelok agak hitam gitu dalam kulit, persis seperti urat yang ada ditangan. tapi kok dalam beberapa menit sering kedutan gitu dijari telapak tangan, apa itu kemasukan cacing? gak menonjol sih, tapi persis didalam kulit mirip urat, ntah itu cacing atau urat ya dok? saya kemarn abis bersihin kamar mandi si, pas bersihin kamar mandi tu ada cacing warna hitam dan langung saya siram. saya juga sering elus2 kucing piaraan temen si dok. gimana ya dok, saya khawatir itu cacing.

Terima kasih telah bertanya seputar kulit yang seperti dimasuki cacing melalui fitur Tanya Dokter.

Mungkin yang anda maksud dengan bentuk kelainan kulit yang menyerupai cacing yang memasuki bawah kulit Anda adalah penyakit Cutaneous Larva Migrans. Cutaneous larva migrans adalah dermatosis (kelainan pada kulit) yang disebabkan infeksi cacing. Penyakit ini dikenal juga dengan sebutan creeping eruptions.

Penyakit ini dapat menyerang siapa saja. Namun, umumnya kondisi ini lebih sering dialai oleh anak-anak karena kebiasaan mereka bermain di luar ruangan.

Penyebab Cutaneous Larva MigransPenyakit cutaneous larva migrans disebabkan larva dari cacing tambang jenis Ancylostoma braziliense dan caninum. Penularan umumnya terjadi ketika seseorang berjalan tanpa alas kaki di area yang terkontaminasi cacing tersebut. Kontaminasi cacing bisa terdapat pada kotoran hewan –seperti kotoran kucing, anjing, atau kuda.

Penentuan diagnosis cutaneous larva migrans dapat dilakukan dengan menanyakan gejala melalui wawancara medis dan pemeriksaan luka pada kulit secara langsung. Meski demikian, proses penentuan diagnosis terkadang sulit dilakukan karena gejala yang menyerupai penyakit kulit lainnya –seperti dermatitis dan kudis.

Beberapa pemeriksaan penunjang yang bisa dilaukan, antara lain:

  • Optical coherence tomography (OCT), yang berguna untuk mengidentifikasi jenis parasit di permukaan kulit
  • Biopsi, untuk memastikan risiko peradangan pada lapisan kulit

Untuk memastikan keluhan pada kulit anda sebaiknya segera periksakan dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

Berikut artikel lain yang bisa dibaca oleh Anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

1 Komentar