Sukses

Penyebab Komedo Putih

16 May 2021, 20:25 WIB
Pria, 18 tahun.

Hallo dok, saya mau nanya sehabis cuci muka, muncul putih-putih di pori pori saya itu kenapa ya? sabun nya untuk wajah berminyak. ketika di pencet keluar seperti komedo,kulit saya sering berminyak dan berpori pori besar jadi perkiraan saya sisa-sisa sabun yang tidak bisa di bersihkan karena masuk pori pori.

Halo, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Kemungkinan yang Anda alami adalah komedo putih. Komedo pada dasarnya terbentuk akibat sumbatan pori-pori kulit. Sumbatan tersebut terjadi akibat penumpukan minyak dan sel kulit mati. Komedo umumnya muncul di wajah. Meski demikian, komedo juga dapat muncul di leher, dada, bahu, punggung, dan lengan. 

Komedo berbentuk bintik kecil atau terkadang benjolan sangat kecil. Pada dasarnya, bintik ini tidak berbahaya. Namun hal ini cukup mengganggu penampilan bila berjumlah banyak dan dapat menurunkan kepercayaan diri orang yang mengalaminya.

Walaupun lebih banyak terjadi pada usia remaja, nyatanya komedo dapat dialami siapa saja. Beberapa kondisi dapat membuat seseorang lebih rentan mengalami komedo, seperti:

Perubahan hormon akibat obat-obatan

Riwayat jerawat pada orang tua

Kontak dengan pelembap yang banyak mengandung minyak

Gesekan kulit dengan benda lain misalnya telepon, masker, helm

Stres psikis 

Saran Saya bisa mengganti jenis sabun cuci muka dengan yang sesuai tipe kulit. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu. 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar