Sukses

Ruam Akibat Pembalut

10 May 2021, 10:48 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok, saya punya masalah kulit ini agak memalukan untuk saya mengurangi rasa percaya diri, dimana pantat saya iritasi ruam setelah memakai pembalut dan menjadi hitam bersisik, ini bahaya atau tidak, pengen ke dokter dermatologis tapi belum ada biaya

Terima kasih telah bertanya seputar ruam pembalut melalui Tanya Dokter.

Timbulnya keluhan ruam pada kulit Anda kemungkinan terkait dengan kondisi kebersihan dan kelembaban daerah kemaluan Anda. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa saat menstruasi kondisi kemaluan cenderung lebih lembab akibat penumpukan darah menstruasi. Apabila tidak diimbangi dengan tindakan pembersihan dan penggantian pembalut secara periodik, maka jamur akan sangat mudah menginfeksi kulit Anda. Oleh sebab itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • sering mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembab
  • hindari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat
  • sering mengganti pembalut sebanyak 2-3 kali dalam sehari
  • hindari penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam liang kemaluan ibu. Beberapa sumber menyebutkan bahwa produk yang Anda maksud memiliki pH sesuai dengan pH vagina sehingga tidak akan memengaruhi keseimbangan bakteri dalam vagina. Cairan ini dapat Anda pakai 2-3 kali saat mandi atau di antaranya. 
  • bila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang menggunakan handuk.

Idealnya perlu dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter yang kompeten, mengingat berbagai kondisi kulit dan kelamin yang berbeda dapat menunjukkan gambaran yang serupa. Diagnosis penyakit kulit dan kelaminpun akan lebih mudah ditegakkan setelah dilakukan pemeriksaan langsung.

Untuk itu, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter spesialis kulit dan kelamin untuk memastikannya, terutama apabila tips-tips di atas belum cukup untuk menghilangkan atau paling tidak mengurangi keluhan yang Anda alami.

Adapun kemungkinan kontak dengan pembalut sebagai penyebab utama keluhan Anda sangatlah kecil. Apabila murni disebabkan oleh kontak dengan pembalut, maka keluhan kali ini seharusnya bukan merupakan keluhan pertama yang Anda alami.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar