Sukses

Gangguan Pica

05 May 2021, 19:58 WIB
Wanita, 28 tahun.

Good day dok, sy sekarang hamil 8 bulan,tapi sejak usia kandungan sy 6-7 bulan sy sering konsumsi busa sabun mandi cair, saya ambil sedikit ditangan dan digosok sampai berbusa tebal,lalu sy makan. Rasanya enak dan buat sy ketagihan,sebenarnya ini kebiasaan dulu waktu sy msh SMP,apakah dampaknya untuk bayi sy dok? Sy takut nnt anak sy lahir dengan kelainan fisik atau organnya.

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan melalui Klikdokter.com 

 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini, kondisi yang Anda alami saat ini adalah Pica. 

Pika adalah suatu bentuk gangguan pola makan, di mana orang yang mengalaminya akan mengonsumsi bahan-bahan yang tidak memiliki atau hanya memiliki sedikit nilai gizi. Pola ini berlangsung secara terus-menerus selama setidaknya satu bulan. Selain itu, gangguan makan ini juga umumnya terjadi pada usia ketika tindakan tersebut sudah tidak sesuai dengan tingkat perkembangan umur orang tersebut. 

Pika sering kali ditemukan pada penderita kekurangan zat besi, bahkan ditemukan di hampir 50 persen penderita kekurangan zat besi. Sering kali, pada penderita malnutrisi ini, perilaku pika akan membaik setelah malnutrisi teratasi.Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jika penderita mengalami kekurangan zat nutrisi tertentu. Selanjutnya, memberikan suplementasi yang sesuai bisa menjadi cara penanganan yang efektif. 

Pelaku pika juga mungkin membutuhkan intervensi psiko-sosial. Dalam hal ini konsultasi dengan psikolog atau ahli psikiatri mungkin diperlukan. Hal yang juga dapat diterapkan adalah latihan membedakan bahan yang dapat dimakan dan yang tidak dapat dimakan, mengontrol impuls untuk memakan bahan bukan makanan, dan latihan sejenisnya. Karena itu, tidak ada terapi farmakologis (obat-obatan) yang spesifik untuk menyembuhkan pika.

Kami sarankan Anda segera konsultasi ke psikolog dan rutin kontrol ante-natal ke dokter kandungan untuk mengetahui perkembangan janin Anda setiap bulannya. Kondisi ini tidak dapat Anda atasi sendiri harus dibantu ahli. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

 

0 Komentar

Belum ada komentar