Sukses

Seputar Perkawainan Sedarah

03 May 2021, 21:24 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok, saya ingin bertanya tentang pernikahan sepupu, silsilah keluarga dari nenek saya punya saudara laki-laki beda ibu, dan apakah antara anak dari saudara laki-laki tersebut dengan saya itu termasuk pernikahan sedarah? Mohon penjelasan, terimakasih

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter

Perkawinan sedarah atau inses adalah perkawinan antara dua orang yang masih dalam satu garis keluarga atau memiliki hubungan dekat dalam kekerabatan, misalnya ayah dengan anak, ibu dengan anak, antar saudara kandung, paman dengan keponakan, antar sepupu. Hubungan yang Anda jalani termasuk hubungan sedarah (karena nenek dan saudara laki-lakinya memiliki ayah yang sama).

Memang pernikahan antara dua orang yang masih memiliki hubungan kekerabatan (terutama yang dekat) memang memiliki risiko 1.7–2.8% untuk memiliki keturunan yang mengalami kelainan genetik. Hal ini disebabkan karena 2 orang yang masih memiliki relasi persaudaraan yang dekat/hubungan darah juga masih memiliki hubungan genetik yang hampir sama. Dua genetik yang hampir sama ini juga berarti memiliki kelebihan yang hampir sama atau sama dan kekurangan yang hampir sama atau sama. Kekurangan yang sama tersebut dapat memperbesar kemungkinan terjadinya kelainan genetik pada keturunannya.

The Latin American Collaborative Study of Congenital Malformation menemukan bahwa pada perkawinan antara mereka yang memiliki hubungan darah ditemukan keturunan dengan kelainan kongenital seperti hidrosefalus, bibir sumbing, polidaktili (jumlah jari  kaki dan atau tangan yang lebih banyak dari normal), kelainan kongenital pada jantung.

Jika Anda dan pasangan memutuskan untuk menjalani hubungan tersebut, Anda dan pasangan Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu jika kelak berencana memiliki buah hati.

demikian yang bisa kami sampaikan

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar