Sukses

Penyebab Suara Serak

02 May 2021, 17:25 WIB
Pria, 46 tahun.

saya tukang adzan di mesji. suara saya sdah mulai menurun dan tidak enak didengan, mohon resep untuk suara merdu dan kembali normal

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelumnya perlu kami tanyakan, Apakah maksudnya perubahan suara disini menjadi serak? Jika ya, sudah berapa lama anda mengalami hal tersbut? apakah keluhan menetap? terjadi secara tiba-tiba? ada disertai gejala lain; nyeri saat bicara, demam, atau lainnya? Adakah kegiatan yang menggunakan banyak suara sebelumnya? Apakah Anda perokok? Apakah ada benjolan disekitar leher?

Penyebab suara serak dapat oleh berbagai hal, mulai dari radang, infeksi, kelelahan pita suara (vocal abused) , hingga nodul pita suara. Untuk menentukannya diperlukan pemeriksaan secara langsung.

Untuk mengatasi suara yang serak, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini: 

  • Menghindari berbicara terlalu keras dalam jangka waktu yang lama. Bila berbicara di ruangan yang besar atau di antara banyak orang lebih baik menggunakan mikrofon dan tidak berteriak.
  • Menghidrasi pita suara dengan minum banyak cairan untuk menghindari dehidrasi. Selain itu jauhi kafein, alkohol, dan minuman berkarbonasi.
  • Melembapkan tenggorokan dengan menghirup udara hangat, berkumur dengan air garam, atau mengunyah permen pelega tenggorokan.
  • Menghindari obat-obatan yang mengandung dekongestan karena dapat menyebabkan tenggorokan menjadi kering.
  • Menjaga kebersihan mulut seperti menggosok gigi, menyisir gigi dengan benang gigi, dan membilas gigi dengan obat kumur. Cara-cara tersebut, selain mengurangi serak, akan membantu melepaskan bakteri.

Jika cara tersebut tidak membuahkan hasil atau keluhan serak semakin memburuk, kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan kepada dokter spesialis THT segera mungkin, untuk mendapatkan penanganan yang optimal.

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar