Sukses

Perawatan Wajah Kulit Kering dan Sensitif

02 May 2021, 16:34 WIB
Wanita, 17 tahun.

dok, diusia saya yang 17 tahun ini sangat susah mencari skincare yang aman untuk klit. apalagi dengan hormon yang masih belum stabil dan tipe kult saya yang sangat sensitif dan kering. jadi produk atau bahan apa yang harus ada dalam skincare yang saya gunakan?

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter

Kulit kering bisa merupakan salah satu tanda penuaan dini. Sesuai dengan namanya, kulit kering ditandai dengan kondisi kulit yang kering dan mudah bereaksi terhadap cuaca yang ekstrim (sangat panas atau sangat dingin). Jika kulit mudah merah, Anda disarankan memilih produk perawatan wajah yang bersifat hipoalergenik.

Kondisi kulit kering sering kali membuat kulit mengelupas dan terasa kencang, terutama setelah mencuci muka dengan sabun dan air.

Bagaimana caranya agar kulit wajah lebih lembap dan elastis? Berikut di antaranya:

1. Pilih Pelembap yang Tepat

Pelembap yang tepat dapat mengatasi kulit kering dengan memberi nutrisi lebih pada sel-sel kulit, mengurangi kedalaman dan keparahan keriput serta garis-garis halus. Jika timbul keriput pada kulit kering Anda, sebaiknya hindari bentuk produk kulit seperti serum dan gel. Pilihlah produk berbentuk krim yang lebih tebal dengan tekstur yang lebih lunak.

Anda bisa memilih pelembab yang mengandung hyaluronic acid, ceramide. Jika sebelumnya Anda belum pernah menggunakan kandungan ini, baiknya Anda melakukan uji alergi dahulu. Usapkan sedikit di bagian leher atau di lengan bagian dalam, kemudian amati dalam 30 menit ke depan, apakah ada reaksi peradangan, gatal, merah-merah. Jika muncul tanda seperti itu, kemungkinan Anda tidak cocok dengan kandungan dalam produk tersebut.

2. Gunakan Tabir Surya

Gelombang ultraviolet pada sinar matahari merupakan salah satu penyebab utama munculnya keriput pada kulit, dan memiliki efek yang berbahaya bagi kulit kering. Oleh karena itu, jika hendak pergi keluar, jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya dengan minimal SPF 30

3. Hindari Mandi Air Panas

Mandi air panas dapat meluruhkan minyak alami dari sel kulit sehingga mengurangi kelembapan kulit. Hal itulah yang menyebabkan kulit menjadi kering dan mudah keriput. Terlebih jika kulit mudah iritasi, baiknya cuci wajah dengan air dengan suhu biasa saja. Jangan lupa saat mengeringkannya jangan di gosok, melainkan di tepuk-tepuk ringan saja.

4. Gunakan sabun lembut

Gunakan sabun lembut yang sesuai dengan keasaman (pH) kulit dan mengandung pelembap. Pada umumnya sabun ini akan meninggalkan kesan licin di kulit. Hindari sabun dengan kandungan yang terlalu keras, mengandung antiseptik, dan tidak sesuai dengan pH kulit. Umumnya sabun ini akan meninggalkan kesan kesat pada kulit, dan dapat membuat kulit menjadi kering.

5.Hati-hati memilih produk perawatan kulitJ

angan menggunakan produk yang mengandung alkohol, karena dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan iritasi. Produk perawatan yang mengandung alkohol umumnya adalah toner. Anda dapat menggunakan toner lembut tanpa alkohol untuk kulit kering dan sensitif.

Produk pembersih (cleanser) yang terlalu kuat juga dapat membuat kulit kering dan iritasi. Pilihlah produk pembersih dengan label “hipoalergenik” yang aman untuk kulit kering dan sensitif.

Masker wajah yang bertujuan untuk menghilangkan komedo dan mengecilkan pori umumnya juga berpotensi untuk membuat kulit menjadi kering. Jika kulit Anda kering, pilihlah masker yang memberikan kelembapan dan dapat “menenangkan” kulit. Namun jika Anda juga memiliki masalah komedo dan pori yang besar, hanya gunakan masker komedo di area tertentu yang bermasalah.

Selain itu, tetap terapkan pola hidup sehat dimana selain dengan produk perawatan wajah juga mengkonsumsi sayuran dan buah serta minum air putih yang cukup agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Demikian yang bisa kami sampaikan

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar