Sukses

Bisakah Melakukan Tindakan Cabut dan Tambal Gigi dengan BPJS

01 May 2021, 00:20 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok kalo ke dokter gigi kan bisa pake bpjs faskes 1, nah kalo saya ke drg mau cabut gigi sama tambal gigi dalam sehari apa bisa ? Dan apakah tambal giginya diklaim bpjs apa bayar lagi ? Terima kasih sebelumnya

Terimakasih telah bertanya seputar bisakah melakukan tindakan cabut dan tambal gigi sekaligus menggunakan BPJS melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami ingin menjelaskan jenis perawatan gigi yang bisa dilakukan menggunakan BPJS :

a. Administrasi pelayanan terdiri atas biaya pendaftaran pasien dan biaya administrasi lain yang terjadi selama proses perawatan atau pelayanan kesehatan pasien

b. Pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis

c. Pre-medikasi

d. Kegawatdaruratan ortodental

e. Pencabutan gigi sulung (topikal, infiltrasi)

f. Pencabutan gigi permanen tanpa penyulit

g. Obat pasca ekstraksi

h. Tumpatan/tambalan komposit / GIC

i. Scalling gigi (pembersihan karang gigi)

Perlu anda ingat bahwa peserta BPJS yang ingin berobat guna mendapatkan layanan kesehatan yang ditanggung oleh BPJS maka fasilitas kesehatan (faskes) yang pertama kali harus dikunjungi adalah fasilitas kesehatan tingkat 1, jika di faskes tingkat 1, tidak memungkinkan untuk dilayani maka dokter faskes tingkat 1 akan merujuk ke faskes tingkat 2, dan jika di faskes tingkat 2 masih tidak memungkinkan untuk dilayani karena sarana dan prasarana kurang memadai maka dokter faskes tingkat 2 akan merujuk ke fasilitas kesehatan tingkat 3.

Berdasarkan pertanyaan anda, tindakan tambal gigi dan cabut gigi umumnya bisa dilakukan dalam 1 hari, namun untuk jenis tambalannya disesuaikan dengan kondisi gigi anda. Karena bisa jadi proses penambalan gigi anda membutuhkan lebih dari 1 kunjungan. Sedangkan untuk tindakan kedua apakah ada penambahan bayar atau tidak maka tergantung dari kebijakan klinik atau fasilitas kesehatan tersebut.

Hal ini bisa saja terjadi karena untuk menambal gigi terutama gigi depan memerlukan bahan tambal yang lebih bagus karena tambalan gigi depan harus sesuai dengan warna gigi depan agar estetisnya baik. Biasanya yang digunakan adalah tambalan komposit.

Tambalan komposit adalah bahan tambal sewarna gigi, dengan bahan dasar polimer dan ditambahkan dengan partikel anorganiksebagai penguat. Bahan tambal ini umumnya mengalami reaksi pengerasan dengan bantuan sinar (sinar UV, atau bisa juga dengan visible light) bukan dengan sinar laser. Tambalan gigi menggunakan sinar seharusnya sudah ditanggung BPJS. Namun pada prakteknya kebijakan kembali pada klinik penyelenggara program BPJS.

Berikut artikel terkait pertanyaan anda:

- Kiat Menghindari Tagihan Pengobatan Gigi yang Mahal

Daftar Perawatan Gigi yang Ditanggung BPJS

Perawatan Mulut yang Bisa Ditangani oleh Dokter Gigi Umum

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai bisakah melakukan tindakan cabut dan tambal gigi sekaligus menggunakan BPJS, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar