Sukses

Seputar Kehamilan Di Luar Kandungan

27 Apr 2021, 21:22 WIB
Wanita, 26 tahun.

kenapa bisa hamil di luar kandungan ?

Terima Kasih sudah bertanya seputar kehamilan di luar kandungan melalui Fitur Tanya Dokter di Klikdokter

Kehamilan di luar kandungan atau dikenal dalam istilah medis kehamilan ektopik adalah salah satu kondisi kehamilan tidak normal karena pembuahan (bertemunya sel telur dan sperma) yang seharusnya tertanam di dalam rahim berada di luar rahim. terdapat beberapa tempat kehamilan di luar kandungan dan yang tersering adalah di saluran antara penghasil indung telur dan rahim.

Penyebab paling sering terjadinya kehamilan luar kandungan biasanya akibat infeksi pada saluran ke rahim. selain itu dapat pula disebabkan gangguan hormon. beberapa faktor risiko terjadinya kehamilan di luar kandungan diantaranya; penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim, riwayat kehamilan di luar kandungan sebelumnya, penggunaan obat kesuburan, proses sterilisasi dengan pengikatan saluran menuju rahim. gejala yang timbul bervariasi mulai dari gejala kehamilan pada umumnya hingga pada kehamilan di luar kandungan yang mengganggu bisa memiliki gejala yang berat hingga kematian ibu.

untuk mengetahui kondisi ini sangat penting melakukan pemeriksaan rutin dan USG sejak awal kehamilan. Untuk menegakkan diagnosa, biasanya dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium dan kuldosentesis jika diperlukan. Apabila sudah terjadi kehamilan di luar kandungan maka, sangat penting untuk mengonsultasikan kondisi ke dokter spesialis kandungan untuk diberikan terapi terbaik. walaupun dilakukan operasi biasanya saluran masih dapat diperbaiki dan tetap berkesempatan memiliki anak.

Demikian kami sampaikan informasi seputar kehamilan di luar kandungan, semoga informasi ini bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar