Sukses

Seputar Kista Ovarium

27 Apr 2021, 21:22 WIB
Wanita, 31 tahun.

Gejala Mual Pada kista biasanya berapa hari Pak?

Terima kasih telah bertanya mengenai penyakit kista melalui fitur Tanya dokter.

Sebelumnya, kami tidak yakin tipe kista apa yang Anda maksud. apakah maksudnya kista ovarium? Namun, kami coba uraikan mengenai kista ovarium karena Anda adalah seorang wanita.

 Kista ovarium atau kista indung telur adalah kantung yang berisi cairan yang ditemukan di ovarium. Selama fase menstruasi, ovarium akan menghasilkan telur dari pematangan kantung yang disebut folikel. Kebanyakan dari kista ini tidak berbahaya atau dibilang sebagai kista yang fungsional. Hanya sekitar 4-10% yang mengalami gangguan kista serius seperti PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome).

Kista yang fungsional dapat tumbuh sampai sebesar 6 cm namun umumnya tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Kecepatan pertumbuhan kista dapat bervariasi. Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak diperlukan terapi apapun.

Berikut ini adalah gejala dari kista ovarium

Gejala Kista Ovarium

  • Perut bengkak dan kembung
  • Nyeri perut
  • Nyeri menstruasi
  • Nyeri ketika berhubungan intim
  • Nyeri di punggung bawah atau paha
  • Nyeri payudara
  • Mual dan muntah

Terapi pembedahan baru dipertimbangkan pada kista berukuran > 6cm dan tampak membesar atau tidak mengecil (ukuran tetap) setelah 2-3 siklus menstruasi. Selain itu, tindakan operasi juga dapat dilakukan apabila timbul keluhan nyeri. Cara lainnya adalah dengan menggunakan pil kontrasepsi untuk mengurangi kemungkinan timbulnya kista baru.

Keluhan mual hingga mintah pada kista tidak bisa dipastikan berapa lama bertahan karena setiap orang bisa bervariasi. Jika ukuran kista memang besar (lebih dari 6cm), sangat mungkin menyebabkan keluhan pada saluran cerna, karena terjadi penekanan ke saluran pencernaan. namun jika ukuran masih kecil sangat jarang menimbulkan keluhan mual terlalu lama. Mungkin saja mual yang dialami berasal dari masalah asam lambung yang meningkat (bisa dipicu karena stress, terlambat makan, atau makan/minuman pencetus asam lambung seperti pedas, asam, santan, kafein). 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar