Sukses

Hasil Tes Pack Positif, Apakah Ini Hamil?

27 Apr 2021, 21:23 WIB
Wanita, 25 tahun.

Saya terakhir hb dengan suami di tanggal 12 April, waktu itu adalah masa subur saya. Tanggal 15 April sampai sekarang saya mulai merasakan pusing dan mual setiap malam. Kemudian tgl 22 April saya mens, dengan catatan sudah telat satu hari. Darah mens saya keluar hanya selama 2 hari, selnajutnya hanya bercak kecoklatan. Lalu saya melakukan testpack dan hasilnya positif (garis dua). Apakah saya benar2 mengandung?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan hasil testpack.

Secara umum, pemeriksaan testpack ini cukup akurat untuk mengetahui adanya kehamilan. Terlebih lagi jika Anda sudah menikah dan telah melakukan hubungan seksual secara teratur. Namun demikian, sekitar satu dari 20 wanita dapat mengalami hasil testpack yang positif palsu, atau dengan kata lain hasil testpacknya positif padahal tidak sedang mengandung.

Selain pada kondisi hamil, hasil testpack positif bisa ditemui pada keadaan:

1. Wadah untuk mengumpulkan air seni tidak bersih. Wadah penampung air seni yang terkontaminasi detergen dapat menyebabkan hasil testpack positif.

2. Adanya darah atau protein pada air seni. Adanya darah atau protein pada air seni juga bisa menyebabkan hasil testpack menjadi positif. Hal ini bisa terjadi salah satunya pada saat Anda mengalami infeksi saluran kencing atau gangguan ginjal.

3. Penggunaan obat-obatan tertentu. Penggunaan obat hormonal untuk kesuburan, obat penenang, atau beberapa jenis obat antihipertensi dapat menyebabkan hasil testpack positif.

4. Tumor di organ kandungan. Beberapa jenis tumor di organ kandungan juga mengeluarkan hormon beta HCG sehingga hasil testpack juga positif pada kasus ini.

5. Baru saja mengalami keguguran. Hormon beta HCG baru menghilang dari darah dan urine beberapa minggu setelah keguguran. Oleh karena itu, bila keguguran baru saja terjadi, testpack masih bisa memberi hasil positif meski tidak hamil.

Jadi bila Anda mendapatkan hasil testpack positif, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk memastikan kondisi Anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan USG untuk memastikan kehamilan (melihat ada kantung kehamilan atau janin).

Demikian yang dapat kami jelaskan tentang hasil testpack positif.

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar