Sukses

Terapi BPH

27 Apr 2021, 21:22 WIB
Pria, 70 tahun.

Terkait gangguan prostat BPH, apakah prostat setelah dioperasi bisa membesar lagi ?

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter

Operasi prostat apa yang akan dilakukan? 

Terapi pada prostat bisa berupa :

 1. Pembedahan terbuka

Indikasi absolut yang memerlukan pembedahan terbuka dibanding pilihan bedah lainnya adalah terdapatnya keterlibatan kandung kemih yang perlu diperbaiki seperti adanya divertikel atau batu kandung kemih yang besar. Prostat yang melebihi 80-100 cm3 biasanya dipertimbangkan untuk dilakukan pengangkatan prostat secara terbuka. Pembedahan terbuka mempunyai nilai komplikasi setelah operasi seperti tidak dapat menahan buang air kecil dan impotensi. Perbaikan klinis yang terjadi sebesar 85-100%.

 2. Transurethral resection of the prostate (TURP)

TURP merupakan metode paling sering digunakan dimana jaringan prostat yang menyumbat dibuang melalui sebuah alat yang dimasukkan melalui uretra (saluran kencing). Secara umum indikasi untuk metode TURP adalah pasien dengan gejala sumbatan yang menetap, progresif akibat pembesaran prostat, atau tidak dapat diobati dengan terapi obat lagi. Prosedur ini dilakukan dengan anestesi regional atau umum dan membutuhkan perawatan inap selama 1-2 hari.

 3. Transurethral incision of the prostate (TUIP)

Metode ini digunakan pada pasien dengan pembesaran prostat yang tidak terlalu besar dan umur relatif muda. 

4. Laser prostatekomi

Dengan teknik laser ini komplikasi yang ditimbulkan dapat lebih sedikit, waktu penyembuhan lebih cepat, dan dengan hasil yang kurang lebih sama. Sayangnya terapi ini membutuhkan terapi ulang setiap tahunnya. Penggunaaan laser ini telah berkembang pesat tetapi efek lebih lanjut dari pemakaian laser belum diketahui secara pasti.

Jika Anda melakukan operasi TURP untuk BPH, kemungkinan untuk kambuh atau prostat membesar tetap ada dikemudian hari. Namun, jika prostat diangkat semuanya melalui pembedahan terbuka, maka tidak akan menimbulkan kekambuhan atau prostat kembali membesar. 

demikian yang dapat kami sampaikan

salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar