Sukses

Seputar Kutil

27 Apr 2021, 20:06 WIB
Pria, 25 tahun.

Assalamulaikum dok selamat pagi dok saya mau tanya tentang ada semacam kutil ngak tahu kutil apa namanya

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Kutil merupakan kelainan kulit yang berasal dari penebalan lapisan luar kulit secara berlebihan yang disebabkan oleh virus. Permukaannya kasar dengan bintik kecil gelap yang dapat dilihat. Mereka mungkin tumbuh di bagian manapun dari tubuh dan dinamai menurut lokasi mereka, yaitu veruka vulgaris (common warts) di anggota badan termasuk pada sela jari maupun telapak tangan, veruka plantaris (plantar warts) di telapak kaki, veruka plana (flat warts) di muka dan leher, dan kondiloma akuminata (genital warts) di kelamin.

Kebanyakan kutil lambat laun hilang dengan sendirinya, tetapi kita harus berhati-hati, karena menggaruk atau mengoreknya dapat menyebarkan kutil dan karenanya harus dicegah.

Kutil ini dapat dirawat sendiri di rumah. Obat kutil bisa dibeli di toko obat atau apotek. Carilah produk yang mengandung asam salisilat untuk mengelupas kulit yang terinfeksi. Penatalaksanaan kutil lainnya, berupa:

- cryotherapy

- obat dengan asam retinoit

- operasi dengan elektrosurgery dan kuret ataupun laser

- peeling kimia

Saya sarankan Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter kulit untuk dilakukan evaluasi dan menentukan perawatan apa yang tepat untuk mengatasi kutil tersebut.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu. 

0 Komentar

Belum ada komentar