Sukses

Benjolan di Bawah Dagu

27 Apr 2021, 18:46 WIB
Wanita, 22 tahun.

Assalamualaikum dokter. Dok, saya ingin bertanya. Saya muncul benjolan dibawah rahang dekat tonggorokan kanan dan benjolannya juga ada di belakang telinga kanan, tetapi benjolannya tidak terasa sakit hanya saja nyeri sedikit saja dok dan saya tidak memiliki keluhan lainnya hanya muncul benjolan tersebut. Sebelumnya saya pernah ngalamin infeksi tenggorokan. Kenapa dengan hal itu ya dok. Mohon jawaban dan penjelasannya. Terima kasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan di bawah dagu. Jadi sulit bagi kami menjelaskan penyebab pasti keluhan yang Anda rasakan dan penanganannya, jika benjolan tersebut belum dipastikan penyebabnya. Benjolan di bawah dagu dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

- Pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid

- Pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri

- Pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahansebab lain (jarang)

Berdasarkan keterangan Anda, kemungkinan benjolan di bawah dagu dan belakang telinga tersebut disebabkan oleh pembesaran kelenjar getah bening akibat adanya infeksi. Jika benar, benjolan tersebut dapat hilang dengan sendirinya saat sistem daya tahan tubuh Anda mulai membaik.

Untuk penanganan di rumah, Anda dapat mengonsumsi obat anti nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen untuk meredakan nyeri dari benjolan tersebut. Lalu, diperhatikan apakah benjolannya tambah membesar atau tidak.

Selanjutnya, apabila benjolan tersebut tidak hilang, kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu untuk memeriksakan benjolan di bawah dagu Anda, karena tanpa diperiksa tidak dapat mengetahui benjolan tersebut berbahaya atau tidak.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu. 

0 Komentar

Belum ada komentar