Sukses

Kb implan

22 Apr 2021, 09:18 WIB
Wanita, 30 tahun.

saya saat ini pakai KB Implan namun mensturasi saya tidak teratur 1 bulan tidak mensturasi 1 bulan full mensturasi namun tidak deras, hanya bercak2 saja apakah itu berbahaya atau tidak ya,? apakah KB implan ini tidak cocok di saya?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Ibu

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Salah satu efek samping dari penggunaan KB Implan (AKBK = Alat Kontrasepsi Bawah Kulit) memang gangguan menstruasi/haid berupa haid tidak teratur atau bahkan tidak keluarnya haid sama sekali. Hal ini terjadi karena efek hormon yang dilepaskan oleh kapsul implan dan biasanya terjadi pada 6% akseptor KB jenis ini. Biasanya efek samping ini terutama ditemukan pada 3 - 6 bulan pertama penggunaan. 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Ibu dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

1 Komentar

  • Erliana senau

    Halo dok Sya mau tanya Umur sya 29 thn hamil anak ke 3 Hpl bidan 18 april 2021 Sedangkan hpl dr.5 mei 2021 Gimana ini dok sdh lwt 1 minggu dri hpl bidan