Sukses

Batuk terus menerus, sesak, berat badan turun drastis

22 Apr 2021, 09:18 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok permisi, saya mau bertanya mama saya yg berumur 50 tahun sekarang mengalami batuk terus menerus dan sudah terjadi selama 5 bulan dan terkadang juga sesak nafas. Mama saya juga ada riwayat penyakit diabetes yg menurun dari orangtua. Sekarang juga mama saya berat badannya turun drastis. Mohon penjelasannyanya dok dan apa yg harus saya lakukan

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Apakah terdapat orang sekitar tempat tinggal yang mengalami batuk juga? Apabila iya, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Bagaimana dengan pola makan ibu Anda? apakah teratur? Apa saja yang dikonsumsi setiap harinya? adakah keluhan lain?

Batuk merupakan fenomena yang normal karena batuk adalah salah satu mekanisme pertahanan pernapasan yang dapat mencegah aspirasi makanan padat, cair, dan berbagai benda asing lain (aspirasi = terhirup ke paru-paru). Batuk sendiri merupakan mekanisme untuk mengeluarkan lendir berlebih yang diproduksi oleh saluran pernapasan terutama apabila saluran pernapasan sedang meradang. Batuk juga merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga).

Batuk yang anak Anda alami dapat dikategorikan sebagai Batuk Kronik Berulang (BKB) karena sudah berlangsung lebih dari 14 hari. BKB dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah infeksi virus (bronkiolitis), TBC, alergi, atau asma. Masing masing penyebab memiliki karakteristik masing-masing.

Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

Alergi. dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak

Asma, penyakit gangguan saluran pernapasan yang ditandai oleh sesak napas disertai bunyi ngik-ngik (mengi) dan / atau batuk persisten yang disebabkan penyempitan otot saluran pernapasan akibat peradangan dan produksi lendir berlebihan. Asma merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan secara permanen, namun dapat di kontrol dengan tata laksana yang tepat.

Infeksi, seperti Tuberkulosis (TBC) ataupun infeksi mikoplasma, infeksi sinus?

Bronkitis, yaitu radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru

Penurunan berat badan atau sulit naiknya berat badan disertai batuk lama bisa menjadi salah satu gejala infeksi TB Paru. Namun mengingat ketepatan diagnosa hanya dapat dilakukan dengan pemeriksaan fisik langsung disertai dengan beberapa pemeriksaan penunjang, kami sarankan Anda mengkonsultasikan kondisi ibu anda dengan mengunjungi Dokter Spesialis Penyakit Dalam atau Paru untuk pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan penunjang seperti tes dahak sehingga terapi dapat diberikan secara optimal.

Baca juga

6 Penyebab Berat Badan Turun Meski Tak Diet

Mengapa Batuk Bikin Tubuh Lebih Kurus?

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar