Sukses

Rambut Rontok dan Tumbuh Rambut Halus, Apakah PCOS?

22 Apr 2021, 09:08 WIB
Wanita, 24 tahun.

Hallo dok, selamat siang. Saya mempunyai keluhan rambut rontok parah selama 4 tahun ini hingga mengalami penipisan bahkan mulai mengalami kebotakan. Saya memiliki banyak bulu halus di tangan, jidat, pipi serta kumis, bahkan muncul rambut halus di dagu (seperti rambut halus jenggot). Saya merasa ada yang salah dalam diri saya terutama berkaitan dengan hormon. Untuk haid, saya selalu lancar setiap bulannya. Apakah bisa dikatakan bahwa saya PCOS? Jika iya, terapi apa yang harus saya lakukan atau obat apa yang harus saya konsumsi? Terimakasih sebelumnya Dok..

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Rambut rontok dan tumbuh rambut halus di tubuh atau wajah dapat disebabkan karena berbagai hal. 

Rambut rontok dapat disebabkan karena faktor herediter (keturunan) dan faktor yang didapat (karena penyakit atau keadaan tertentu). Rambut rontok yang disebabkan oleh faktor herediter, tidak dapat disembuhkan, yang dapat dilakukan adalah mencegah agar kerontokan rambut tidak terlalu cepat. Sedangan untuk faktor yang didapat, dapat disebabkan oleh karena penyakit tertentu seperti infeksi/gangguan pada kulit kepala (jamur, bakteri, kutu), anemia, demam, sakit tifus ataupun akibat keadaan-keadaan tertentu seperti salah perawatan rambut, proses yang dilakukan pada rambut seperti pengecatan, pengeritingan, maupun pelurusan rambut.

Berikut tips yang bisa Anda terapkan untuk mengurangi rambut rontok:

- Banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi 

- Hindari stress

- Hindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambut

- Rajin olah raga untuk memperlancar peredaran darah 

- Cukup istirahat

- Stop merokok (pada yang merokok)

- Hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panas

- Hindari pemakaian bahan - bahan kimia di rambut  

- Gunakan sampo sesuai jenis rambut

Tumbuhnya rambut halus di wajah dan juga tubuh bisa disebabkan karena, hormon androgen yang tinggi dalam tubuh, ketidakseimbangan hormon, penggunaan steroid jangka panjang, ataupun penyakit tertentu.

Kedua gejala yang Anda rasakan memang bisa merupakan gejala dari PCOS. Tapi, untuk dapat mengetahui dengan pasti dibutuhkan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan USG dan laboratorium. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan PCOS atau bukan. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu. 

0 Komentar

Belum ada komentar