Sukses

Seputar Kadar Apo B

22 Apr 2021, 09:00 WIB
Pria, 56 tahun.

Dokter, saya bingung dgn fakta hasil cek darah saya utk APO B sampai 190 sedangkan kolesterol saya sudah 150 dan LDL 60 sdg kan HDL 66 dan trigliserida saya 72 bagaimana menurut Dokter dgn situasi spt ini? terima kasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Pak, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Apo B, juga dikenal sebagai Apolipoprotein B (apo B)  dites bersama dengan tes lipid lainnya, untuk membantu menentukan risiko individu terkena penyakit kardiovaskular (CVD).

Tes ini tidak digunakan sebagai pemeriksaan rutin,  tetapi dapat diminta dilakukan jika seseorang memiliki riwayat keluarga penyakit jantung dan / atau kolesterol tinggi dan trigliserida (hiperlipidemia). Ini dapat dilakukan bersama dengan tes lainnya untuk membantu mendiagnosa penyebab tingkat lipid abnormal, terutama ketika seseorangn memiliki tingkat trigliserida yang tinggi.

Ada banyak faktor yang membuat kadar Apo B bisa tinggi, tetapi umumnya karena diet tinggi lemak dan penurunan kadar LDL dalam tubuh. 

Tingkat abnormal apo B juga dapat disebabkan oleh kondisi yang mendasari atau faktor-faktor lain (penyebab sekunder). Peningkatan kadar apo B, misalnya:

- Kencing Manis    

- Penggunaan obat-obatan seperti: androgen, beta blockers, diuretik, progestin (progesteron sintetis)    

- Hypothyroidism    

- Sindrom nefrotik (penyakit ginjal)    

- Kehamilan (tingkat sementara meningkatkan dan menurun lagi setelah melahirkan)

Kami sarankan Anda berdiskusi langsung dengan dokter yang menangani Anda untuk mendapatkan penjelasan lebih jauh mengenai Apo B. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu. 

0 Komentar

Belum ada komentar