Sukses

Sering Sesak Napas

20 Apr 2021, 19:01 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat Pagi Dokter, saya mengalami dada sesak setiap pagi, sudah 2 minggu setelah Meninggal nya Istri saya yang sedang mengandung 8 bulan. setiap bangun pikiran saya nggak tenang, dada terasa sangat sesak. Apakah ini termasuk trauma apa depresi Dok.?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sesak napas dapat disebabkan oleh gangguan dalam sistem pernapasan (hidung, tenggorokan paru-paru) atau gangguan yang berasal dari luar paru-paru (jantung).

Selain dari kelainan organik juga perlu dicari ada tidaknya gangguan psikologis, karena sesak napas juga dapat disebabkan oleh rasa cemas, panik, stres, depresi dan berbagai emosi negatif lainnya.

Untuk mengetahui pasti penyebab sesak napas Anda, dibutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung untuk menilai ada atau tidak kelainan pada organ pernapasan Anda. Jika memang hasil pemeriksaan normal, maka kemungkinan besar sesaknya memang berasal dari masalah psikis. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu. 

0 Komentar

Belum ada komentar