Sukses

Sleep Apnea

20 Apr 2021, 18:47 WIB
Wanita, 20 tahun.

halo dok, sudah dua hari ini saat saya tertidur dimalam hari saya beberapa kali terbangun karena saya sadari bahwa saya tidak bernapas selama beberapa detik, apakah ini termasuk sleep apnea? walaupun saya tidak mengalami gejala seperti mendengkur keras dan keluar air liur saat tidur. bagaimana cara mengatasinya dok?, terima kasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sumbatan jalan napas saat tidur dikenal dengan OSA (Obstructive Sleep Apnea). Adapun sumbatan jalan napas dapat terjadi pada beberapa keadaan berikut:

- Lemahnya otot di saluran pernapasan yang menyebabkan saluran pernapasan menutup ketika tidur (karena merokok)

- Gangguan posisi rahang yang dapat disebabkan oleh otot yang tegang

- Obesitas yang menyebabkan deposit lemak di sekitar saluran napas dan leher yang pendek

- Sumbatan mekanik di saluran napas, seperti amandel, kelenjar adenoid

Gejala pada sleep apnea, yaitu mengorok, ngantuk di siang hari, dan cemas. Terbangun tiba-tiba dari tidur akibat sulit bernapas juga bisa jadi gejala OSA ini. 

Penderita OSA dapat mengalami pemeriksaan yang lengkap di laboratorium tidur. Dalam laboratorium ini seorang penderita OSA akan dipantau derajat keparahan OSA yang dialami. 

Selain itu, perawatan lain yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Continuous Positive Airway Pressure (CPAP), alat ini meniupkan tekanan positif ke dalam saluran pernapasan pasien sehingga saluran pernapasan tetap terbuka.

Terapi OSA ditujukan untuk mengatasi henti napas sehingga tetap menjaga kualitas hidup pasien. Selain itu, dengan terapi dini maka berbagai komplikasi OSA juga dapat dihindari. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu. 

0 Komentar

Belum ada komentar